Sukses

Lifestyle

4 Resep Sarapan Ringan Cukupi Kebutuhan Nutrisi Si Kecil

Sarapan adalah cara yang baik untuk memulai hari. Menurut Mary L. Gavin yang menjabat Senior Medical Editor di situs Kidshealth Organization, sarapan tidak hanya memberikan energi yang cukup untuk perkembangan otak dan fungsi tubuh, tapi juga menjaga suasana hati si kecil. Akan tetapi, bukan berarti anak-anak harus memakan sarapan dalam porsi besar lho, karena justru membuatnya mengantuk dan tidak mampu berkonsentrasi saat sedang belajar.

Yuk coba beberapa sarapan ringan yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi anak, seperti berikut ini.

Strawberry Yogurt
Siapa yang tak kenal dengan buah strawberry? Rasanya yang manis dan asam secara instan memberikan kesegaran. Selain itu, kandungan vitamin dan mineralnya yang cukup tinggi dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Cobalah mencampurkan potongan buah strawberry dengan yogurt untuk membuat smoothie yang lezat dan bernutrisi. Bisa juga menambahkan oat atau pisang untuk memberikan tekstur creamy dan tambahan kalori.

Sandwich
Menu sarapan ini biasanya jadi favorit si kecil. Selain cepat dan praktis dalam pembuatannya, anak-anak jarang mengalami kebosanan, karena banyaknya variasi isi. Untuk pilihan sandwich yang gurih, gunakan daging ayam panggang, sosis, daging sapi giling, keju, hingga tuna. Kombinasikan dengan sayuran seperti irisan timun, tomat, kubis, dan bawang bombay.

Berikan saus mayonnaise atau tomat untuk memberikan tambahan rasa. Sedangkan untuk sandwich manis, isi setangkup roti dengan irisan pisang, potongan strawberry, selai kacang, aneka selai buah, dan cokelat. Libatkan si kecil untuk membuatnya sendiri, ya.

Minuman Buah
Untuk sarapan berbahan utama buah, sajikan minuman buah berupa jus atau smoothie buah untuk memberikan energi bagi si kecil. Gunakan buah dengan rasa manis alami seperti pisang, mangga, semangka, atau melon. Kombinasikan dengan yoghurt, susu, sayuran, atau flaxseeds yang kaya akan ALA dan dapat diubah oleh tubuh menjadi DHA, nutrisi untuk kecerdasan otak.

Bisa juga menambah sumber DHA tersebut dengan mencampurkan 1 sendok makan Scott’s Emulsion. Memberikan 15 ml Scott’s Emulsion Original dapat memenuhi jumlah DHA dan EPA hingga 100%, sesuai dengan yang dianjurkan untuk si kecil setiap hari. Sajikan dingin dalam gelas dan sedotan unik untuk menarik perhatian anak-anak, agar mau meminumnya.

Roti Bakar Pisang
Hanya butuh waktu beberapa menit untuk membuat menu sarapan lezat yang satu ini. Siapkan beberapa tangkup roti tawar, irisan pisang, dan tambahan bahan lainnya yang bikin roti bakar ini makin lezat. Mulai dari meses cokelat, keju, selai cokelat, hingga selai kacang. Panggang dalam wajan hingga warna roti kecokelatan dan renyah. Yummy!

Mudah dan lezat kan menu sarapan kali ini? Segera buatkan untuk si kecil, ya.

(vem/mar/aik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading