Begini Tips Mudah dan Cepat Bersihkan Kulkas Secara Maksimal

Ivana Okta27 Nov 2018, 13:02 WIB
kulkas

Fimela.com, Jakarta Kulkas begitu penting kegunaannya di rumah. Kulkas adalah tempat penyimpanan berbagai jenis makanan dan minuman, baik yang kemasan maupun makanan atau minuman segar yang sangat berpotensi menyimpan kuman maupun bakteri. Karena hal inilah, maka penting untuk membersihkan kulkas minimal dua bulan sekali untuk menjaga agar kulkas tetap higienis dan makanan tak terkontaminasi bakteri.

Membersihkan kulkas ini kadang jadi kegiatan yang melelahkan. Belum lagi jika berbagai makanan yang disimpan di dalamnya sudah ada berbulan-bulan. Pasti akan semakin malas membersihkan kulkas. Nah, tapi kali ini ada tips mudah dan cepat untuk membuat kulkas bersih. Intip tipsnya di sini yuk.

  • Yang pertama kosongkan semua benda dari kulkas. Sortir produk-produk yang sudah kedaluwarsa dan masih bagus. Buang juga bahan yang meski masa kedaluwarsa belum habis, tapi sudah berbau tidak enak.
  • Agar bersih maksimal, jangan lupa lepaskan rak serta laci kulkas, lalu sikat menggunakan spons di setiap sisinya. gunakan air hangat yang sudah diberi sabun dan celupkan spons ke dalamnya. Basuh rak kulkas sampai bersih dengan spons.
  • Taburkan baking soda agar rak semakin bersih maksimal. Ini juga bermanfaat untuk menghilangkan noda yang tidak bisa hilang hanya dengan sabun.
  • Setelah selesai dibersihkan, jangan langsung memasukkan makanan ke dalam kulkas. Sangat penting untuk mengeringkan sisa-sisa pembersih dan kotoran agar kuman tidak betah berlama-lama di tempat lembap.
  • Lap lagi dalam kulkas dengan kain bersih yang sudah dibasahi sedikit air dan juga tambahkan beberapa tetes ekstrak vanilla. Ini akan menjaga kulkas tetap wangi.
  • Tata lagi makanan dan minuman dalam kulkas.

Mudah bukan Sahabat Fimela? Jangan pernah malas dan menunda membersihkan kulkas karena ini adalah langkah untuk menjaga kebersihan dan kesehatan makanan dan minuman yang disimpan di dalamnya.