Sukses

Lifestyle

Agar Pahala Amal Berbalas Maksimal, Perhatikan 3 Waktu Utamanya

Salah satu cara menabung pahala sebanyak mungkin adalah dengan beramal. Amal yang didasari oleh keikhlasan akan mendapatkan balasan setimpal dari Allah swt. Tapi tahukah kamu ladies? Meskipun yang dikerjakan sama, pahala yang diterima antara satu orang dengan yang lain kemungkinan berbeda.

Hal ini bergantung pada hukum perintah yang dikerjakan, apakah bersifat wajib, punya tingkat kesulitan yang lebih, atau dilakukan oleh mereka yang kekurangan. Bukan hanya itu, amal juga bisa berbeda tingkat keutamaan maupun pahalanya apabila berbeda waktu, tempat dan kondisi saat amal tersebut dikerjakan.

"Dan masing-masing orang memperoleh derajat-derajat (seimbang) dengan apa yang dikerjakannya. Dan Tuhanmu tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan." (QS. Al An'am : 132)

Untuk mendapat pahala lebih besar saat beramal, ini dia waktu-waktu utama yang bisa kamu perhatikan.

Bulan Ramadan

Banyak umat muslim pasti sudah tahu bahwa bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk lebih banyak beramal. Semua amal yang dilakukan di bulan Ramadan menghasilkan pahala yang berlipat ganda.

Malam Lailatul Qadar

Begitu pula saat malam Lailatul Qadar yang sangat istimewa. Bukan hanya berada di bulan Ramadan, malam ini nilainya lebih baik dari malam seribu bulan (atau 83 tahun 4 bulan), sehingga malam ini adalah malam paling tepat untuk beramal dibandingkan malam-malam lainnya.

Hari Jumat

Yang ketiga adalah hari Jumat. Allah swt telah menetapkan hari Jumat sebagai hari yang mulia. Abu Hurairah ra. berkata bahwa Nabi Muhammad saw. bersabda, "Sebaik-baiknya hari yang disinari matahari adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu ia dimasukkan ke surga, pada hari itu ia dikeluarkan dari surga dan pada hari itu juga hari kiamat terjadi." (HR. Muslim)

Jadi, jika ingin melakukan amal, jangan ragu melakukannya pada waktu-waktu tersebut di atas ladies karena amal akan berbalas pahala maksimal di waktu-waktu istimewa tersebut. Semoga kita menjadi makhluk-Nya yang berguna dan lebih baik di dunia ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading