Sebelum Menyimpan Daging dalam Freezer, Perhatikan Hal-Hal Ini

Fimela24 Agu 2017, 17:00 WIB
Cara menyimpan daging./Copyright pixabay.com

Saat Idul Adha tiba biasanya kita akan mendapat cukup banyak daging kurban. Kadang saking banyaknya sampai tidak bisa langsung mengolahnya semua. Akhirnya sebagian perlu disimpan di dalam freezer, tapi demi menjaga kualitas daging tetap baik, kita tak bisa sembarangan menyimpannya.

Sebelum menyimpan daging kurban dalam kulkas, ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan. Yuk, kita simak penjelasannya satu per satu di sini.

Jangan Dicuci
Mungkin kita berpikir kalau daging harus dicuci terlebih dahulu sebelum disimpan. Tapi sebaiknya tidak dicuci. Kenapa? Karena kalau dicuci, kuman-kuman bisa masuk ke dalam pori-pori daging. Kualitasnya pun jadi rusak. Lebih baik dicuci kalau pas sudah siap mengolahnya saja.

Daging sebaiknya baru dicuci ketika mau akan mengolahnya./Copyright thinkstockphotos.com

Daging Dipotong Dulu
Siapkan plastik-plastik kecil, ukuran 1/2 atau 1 kg. Lalu potong-potong daging terlebih dahulu untuk dimasukkan dalam kantong-kantong plastik tersebut. Plastik yang digunakan yang bening atau transparan, jangan pakai kresek hitam, ya.

Nanti ketika butuh daging untuk dimasak, kita tinggal mengambil potongan sesuai dengan kebutuhan kita dan sisa daging bisa tetap beku dan terjaga kualitasnya. Lebih mudah dan praktis juga, kan?

Simpan dalam Kulkas Selama 4-5 Jam
Sebaiknya memang daging tak langsung dimasukkan dalam freezer. Simpan dulu dagingnya di dalam kulkas yang sejuk selama sekitar 4-5 jam. Nanti kalau sudah dingin, baru dimasukkan dalam freezer.

Tips Tambahan:
Ketika akan mencairkan daging, jangan menggunakan air panas, ya. Letakkan daging beku yang masih terbungkus plastik di bawah air kran. Baru ketika daging sudah empuk, plastik bisa dibuka, dan daging baru dicuci bersih. Setelah ditiriskan, daging siap untuk diolah.

Siap untuk mencoba langsung tips ini? Semoga tipsnya bermanfaat, ya ladies.



(vem/nda)