Bingung Memilih Pisang Yang Tepat Sesuai Jenis Olahan? Ini Panduannya

Fimela20 Sep 2017, 10:30 WIB
Berbagai jenis pisang di pasaran/Copyright pexels.com/gratisography

Salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia adalah pisang. Yup, buah yang mengandung potasium, karbohidrat, mineral, vitamin C dan B6, kalium, magnesium dan mangan ini punya banyak manfaat bagi kesehatan, misalnya menurunkan tekanan darah tinggi sampai menangkal radikal bebas. Nggak cuma itu, seluruh bagian pisang, dari buah, kulit, daun, batang pohon sampai bunganya, bisa dikonsumsi. Hebat ya!

Di Indonesia sendiri kurang lebih ada 20 jenis pisang yang dikonsumsi. Tiap daerah di Indonesia punya kekhasan pisang masing-masing yang unik. Nah, dengan begitu banyaknya jenis pisang di seluruh Indonesia (bahkan dunia), seringkali membuat kita bingung, "Pisang ini diolah jadi apa ya?" atau "Mau bikin kolak, enaknya pakai pisang apa ya?"

Nah, kamu nggak perlu bingung lagi memilih jenis pisang sesuai olahannya, Ladies. Vemale punya panduannya buatmu.

Pisang ambon

Pisang ambon/Copyright tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com

Pisang ini bibitnya asli berasal dari Indonesia. Ciri-ciri pisang ambon adalah kulitnya halus berwarna kuning atau hijau. Daging buahnya putih dengan rasa manis dan tidak berbiji.

Pisang ambon cocok dimakan langsung atau sebagai bahan baku kue, seperti banana bread.

Pisang cavendish

Pisang cavendish/Copyright sumberbibithijau.com

Pisang ini berasal dari Amerika dan populer di Indonesia karena banyak dijual di supermarket. Pisang cavendish umumnya berukuran besar dengan daging buah yang empuk tapi padat. Makan satu buah pisang cavendish sangat mengenyangkan, cocok buat mereka yang sedang berdiet atau untuk konsumsi balita

Pisang cavendish biasanya dimakan langsung atau diolah menjadi kue dan smoothies.

Pisang raja

Pisang raja/Copyright delishably.com

Rajanya pisang ini daging buahnya sangat manis. Walau belum matang, pisang raja bisa diolah menjadi keripik pisang atau sale pisang. Tekstur dagingnya tidak memprul, agak kenyal dan jika digoreng rasa manisnya lebih keluar.

Pisang raja cocok diolah menjadi kue, kolak, digoreng, dipanggang atau pun dijadikan keripik pisang.

Pisang kepok

Tahukah kamu, pisang kepok yang populer dijual di pasar-pasar ini berasal dari Filipina lho. Ada dua jenis pisang kepok yang biasa dikonsumsi, yaitu pisang kepok kuning dan pisang kepok putih. Biasanya, pisang kepok kuning berukuran lebih besar ketimbang pisang kepok putih.

Manisnya pisang kepok bisa dinikmati dengan cara direbus, digoreng atau dijadikan keripik.

Pisang mas

Pisang mas/Copyright khasiat.co.id

Salah satu varietas pisang dengan ukuran yang kecil adalah pisang mas. Kulit pisang mas berwarna kuning terang dan tipis. Aromanya sangat khas. Pisang mungil ini lebih enak dimakan langsung ketimbang diolah lagi.

Pisang tanduk

Pisang tanduk/Copyright bukalapak.com/u/pisangbagus

Pisang tanduk asalnya dari Sukabumi. Pisang ini ukurannya besar dan panjang, melengkung layaknya tanduk. Warna dagingnya merah kekuningan dengan rasa manis agak asam.

Pisang tanduk umumnya dikonsumsi dengan cara diolah menjadi pisang goreng atau direbus.

Nah itu dia 5 jenis pisang yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia beserta pilihan olahannya. Apakah di daerahmu ada jenis pisang yang khas, Ladies?

 

(vem/wnd)