7 Trik Jitu Hemat Liburan Akhir Tahun

Vinsensia Dianawanti29 Nov 2018, 10:00 WIB
Ilustrasi travelling

Fimela.com, Jakarta Nuansa akhir tahun sudah mulai terasa. Seringkali akhir tahun dijadikan momen untuk merencanakan liburan bersama teman atau keluarga. Bahkan liburan kini sudah menjadi salah satu kebutuhan hidup bagi masyarakat Indonesia.

Namun melakukan liburan akhir tahun kerap menguras kantong. Karena kebanyakan jasa akomodasi mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan di high season. Untuk mengakalinya, Traveloka memiliki tujuh trik jitu agar liburan akhir tahun menjadi lebih hemat.

1. Bugdeting

Banyak orang yang tidak jadi melakukan liburan karena terhambat masalah biaya. Sahabat Fimela harus melakukan budgeting untuk mengatur keuangan selama liburan. Catat pengeluaran apa saja dan tetapkan jumlah uang yang akan digunakan.

Tak hanya merinci pengeluaran, Sahabat Fimela juga harus menabung untuk liburan. Ini akan membuat pengeluaran tidak terjadi begitu besar karena sudah memiliki dana khusus untuk liburan.

2. Pesan tiket jauh hari

Ini menjadi trik yang kerap digunakan untuk menghemat biaya liburan. Semakin jauh jarak pembelian dengan tanggal yang diinginkan maka semakin murah harga yang ditawarkan.

3. Pilih tanggal yang tepat

Jika menyukai berlibur di tempat yang instagramable, hindari peak season. Karena di saat inilah destinasi wisata akan dipenuhi pengunjung yang membuat Sahabat Fimela kesulitan untuk mendapat momen yang indah. Namun jika berkunjung saat low season, destinasi wisata akan lebih sepi pengunjung sehingga lebih leluasa untuk menjelajahi dan mengabadikan momen seru.

 

Trik jitu hemat liburan

Liburan hemat
Liburan hemat (Foto: Traveloka)

4. Gunakan promo

Jika sudah melakukan bugdeting dan menabung namun dana liburan tetap tidak mencukupi, bisa manfaatkan promo atau diskon yang ada. Beberapa aplikasi traveling online menawarkan promo, diskon, atau cashback. Penawaran ini biasanya berlaku untuk tiket, hotel, maupun tiket destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Bisa mengaktifkan newsletter sehingga mendapatkan notifikasi promo yang digelar oleh aplikasi tertentu.

5. Mengakali transportasi yang digunakan

Lakukan riset soal ketersediaan transportasi di daerah destinasi. Akan lebih hemat jika bepergian dalam bentuk grup. Sehingga bisa melakukan patungan biaya. Selain itu, jangan selalu terpaku untuk gunakan pesawat. Jika daerah destinasinya memungkinkan, bisa gunakan kereta atau bis yang jauh lebih hemat.

6. Mencari rekomendasi makanan

Mencicipi kuliner memang menjadi kegiatan yang paling khas ketika berkunjung ke sebuah daerah. Carilah rekomendasi makanan yang wajib coba melalui aplikasi atau bertanya ke orang sekitar.

7. Gunakan PayLater

Ini menjadi salah satu fitur dari Traveloka yang membantu Sahabat Fimela ketika kekurangan uang saat liburan. Dengan fitur ini, liburan bisa tetap terasa nyaman dengan pembayaran secara fleksibel di kemudian hari. Jangka waktu pembayarannya bisa dipilih antara 1 hingga 12 bulan.

Lanjutkan Membaca ↓