Begini Pendapat Susi Pudjiastuti Tentang Kesetaraan Gender

Fimela17 Mar 2018, 11:30 WIB
copyright merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Isu kesetaraan gender memang masih saja menjadi topik utama yang dibicarakan ketika hari Internasional Women Day, yang jatuh setiap bulan Maret. Masih banyak tuntutan-tuntutan yang disampaikan oleh para kaum perempuan dalam memperjuangkan hak-hak wanita.

Lalu bagaimana pandangan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tentang kesetaraan gender? Dirinya mengaku heran dengan orang-orang yang kerap menanyakannya soal kesetaraan perempuan dan laki-laki. Padahal menurutnya, tantangan wanita bukan hanya tentang perbedaan antara laki-laki dan perempuan.

"Tantangan utamanya, kita enggak perlu terus ngomong soal "wanita, wanita". Just do what you want to do. Anda mau disamakan, disetarakan? Stop thinking about women are different," ujar Susi dalam acara Beautyfest Asia 2018 di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (16/3).

Menteri Susi di Beautyfest Asia 2018/copyright vemale.com/Anisha SP

Menurutnya, ketika memilih pekerjaan, ia tidak pernah memikirkan masalah gender. Menurutnya, jika hal itu terus dibahas, maka seumur hidup masalah gender tak akan selesai.

"Saya saat bekerja tidak pernah berpikir saya ini perempuan harus kerja di mana. Jadi jangan membuat persoalan dari diri kamu sendiri. Persoalan di luar banyak. Kalau menjadi perempuan dijadikan masalah, gimana mau move on?" tambahnya.

Susi berpesan kepada seluruh perempuan, agar tidak menghabiskan waktu hanya untuk terlihat cantik. Melainkan gunakanlah waktu sebaik-baiknya.

"Kalau tiap hari hanya berburu dan mencari apa yang terbaik buat kulit saja, itu menghabiskan waktu. Dan kalian tidak akan pede-pede. Explore the world as much as you can. Do anything you can dotapi ada komitmen terhadap diri, terhadap bangsa, terhadap masyarakat, itu sangat penting," tutupnya.

Nah ladies jadi sebagai perempuan kita harus memiliki kepercayaan yang lebih untuk melakukan apa yang menjadi passion kita. Jadi takut dan selalu berusaha.

(vem/asp/mim)