Sukses

Lifestyle

Mual Hilang Seketika dengan 4 Cara Ini

Fimela.com, Jakarta Rasa mual bisa mengganggu aktivitas karena perasaan tidak nyaman yang ditimbulkannya. Keringat dingin bisa bercucuran, pusing, sampai seperti ingin muntah.

Perlu digarisbawahi, mual bukanlah penyakit, tapi hanya gejala atau dampak dari sesuatu yang lain. Bisa flu, migrain, gangguan kecemasan, stres, keracunan, sampai kehamilan.

Mual terjadi karena pola metabolisme terganggu, entah jadi terlalu cepat atau terlalu lambat. Nah, agar aktivitas tak terganggu terlalu lama, segera lakukan ini untuk atasi mual, ya!

1. Duduk tegak

Jangan sekali-sekali merebahkan badan ketika sedang mual, karena itu akan memancing cairan dalam perutmu untuk naik dan semakin membuat perur tidak nyaman. Duduk tegak atau menungging lebih baik.

 

2. Makan makanan hambar

Makan makanan yang dalam kondisi polos, seperti nasi atau roti tanpa tambahan apapun. Hindari makanan berlemak, gorengan pedas, atau yang terlalu manis. Baiknya, makanan yang dimakan juga dalam kondisi dingin atau bersuhu ruangan agar tidak memancing mual.

3. Jahe

Jahe telah digunakan untuk mengobati banyak jenis penyakit terkait gastrointestinal sejak zaman kuno. Sebuah studi, dilansir dari situs LifeHack, menyimpulkan bahwa jahe adalah pengobatan yang efektif dan murah untuk mual.

Ada beberapa cara mengonsumsi jahe untuk atasi mual, bisa dimakan dalam kondisi segar, diasamkan, dibuat manisan, dikeringkan, dalam bentuk bubuk, atau dicampur dengan teh, sirup, bahkan dipanggang bersama kue.

4. Peppermint

Peppermint banyak digunakan untuk mengatasi mual, termasuk pada ibu hamil yang sedang mengalami morning sickness. Memang tidak menghilangkan seluruhnya, tapi cukup meredakan rasa mual.

Selan mengatasi mual dengan mengonsumsi beragam bahan alami yang dipercaya sebagai "obat", berpuasa selama beberapa jam juga akan amat membantu. Biar perut lebih tenang dalam keadaan kosong. Tapi, kadang mual juga bisa disebabkan oleh lapar dan haus. Jika dengan cara-cara yang dianjurkan memang tidak berhasil, baiknya konsultasikan ke ahlinya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading