Tips Cerdas Menjawab Pertanyaan Gaji Saat Wawancara Kerja, Catat Ya!

Fimela19 Jul 2018, 14:00 WIB
Diperbarui 19 Jul 2018, 14:00 WIB
Wawancara/copyright unsplash.com/@rawpixel

Ladies, kamu sedang melakukan wawancara kerja? Proses wawancara ini menjadi tahapan penting apakah kamu akan diterima atau ditolak. Agar proses wawancara kamu berjalan lancar dan sukses, pastikan kamu mengetahui jenis pekerjaan yang kamu lamar. Apa saja yang akan kamu kerjakan dan lebih mengenal perusahaan yang kamu lamar.

Saat wawancara umumnya kamu akan mendapatkan berbagai pertanyaan. Salah satunya adalah tentang gaji. Jika kamu sudah pernah bekerja, seringkali kamu akan ditanyakan berapa besar gaji yang kamu terima di tempat kerja yang lama. Hmm, lalu bagaimana kamu menjawabnya?

Pertanyaan ini sebetulnya biasa dan sering ditanyakan bagian HRD yang bertugas menerima pegawai baru. Tapi tetap saja bisa membuat pelamar menjadi tidak nyaman. Lalu bagaimana agar terhindar dari pertanyaan ini?

Seperti yang dikutip dari CNBC, Cofounder Jack Welch Management Institute, Suzy Welch, ada dua langkah yang bisa dilakukan. Pertama, kamu harus mengetahui nilai pasar. Mendiskusikan gaji ini menjadi hal yang menyebalkan. Agar bisa mudah, jangan lupa untuk meriset di situs perbandingan gaji. Yang kedua, ungkapkan gaji dan jujur. Welch mengatakan setelah membandingkan di situs gaji, jujurlah tentang jumlah kompensasi yang diterima.

Setelah mengungkapkannya, kamu bisa memberikan alasan mengapa bersedia mengambil sedikit lebih banyak gaji, misalnya berapa persen kenaikan dari gaji yang didapat. Jangan menyebut angka terlebih dahulu, kamu dapat menyebutkan jumlah persen kenaikan gaji yang kamu inginkan dibandingkan di perusahaan lama.

Sukses saat wawancara kerja sangat penting. Pastikan kamu dapat menjawab pertanyaan dengan lugas dan jelas. Tentu kamu ingin mendapatkan pekerjaan impian kamu bukan? Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/apl)