Tips Menghindari Mata Pedih Saat Mengupas Bawang

Fimela19 Jul 2018, 16:00 WIB
Bawang/copyright /unsplash.com/@webvilla

Siapa di antara kamu yang hobi memasak? Well, selain lebih hemat memasak juga dapat membantu kamu untuk lebih menjaga kesehatan. Memasak makanan sendiri dapat membantu kamu untuk menjaga makanan yang kamu konsumsi. Sayangnya, tidak semua orang suka memasak. Salah satu hal yang membuat malas memasak adalah harus menyiapkan semua bahan masakan sendiri.

Mengupas bawang adalah salah satu hal yang membuat orang malas untuk memasak. Saat mengupas, tidak jarang mata menjadi perih. Tenang, kamu tidak perlu bingung berikut ini adalah cara untuk menghindari mata pedih saat mengupas bawang.

  1. Sebelum dikupas, dinginkan terlebih dahulu bawang dalam lemari es. Proses pendinginan ini akan memperlambat reaksi kimia yang dilepaskan saat bawang terpotong.
  2. Gunakan pisau yang tajam, karena pisau yang tajam dapat membantu mengurangi penguapan zat yang membuat mata pedih.
  3. Manfaatkan cuka untuk mengurangi cairan yang dapat menyebabkan mata menjadi pedih.
  4. Saat sedang memotong bawang nyalakan lilin di dekat talenan, atau mengiris di dekat kompor panas. Panas api bisa menjauhkan belerang dari mata kamu.
  5. Kupas bawang di bawah air yang mengalir, cara ini dapat membantu mengurangi zat pemerih mata.
  6. Rendam bawang dalam air es, proses ini membantu menghindari air yang membuat pedih.
  7. Membiarkan bagian akar bawang tetap utuh tak terpotong. Hal ini dikarenakan ujung akar dari bawang memiliki konsentrasi terbesar dari senyawa belerang, sehingga jika dipotong akan membuat mata pedih.
  8. Manfaatkan garam untuk menghindari zat yang menyebabkan mata pedih. Cukup oleskan garam pada talenan yang kamu gunakan untuk memotong bawang.

Nah, ladies demikian 8 cara untuk menghindarimata pedih saat mengupas bawang. Semoga informasi ini beremanfaat. Selamat memasak!

(vem/apl)