Usia Kami Terpaut 10 Tahun & Beda Iman, Masih Bisakah Kami Bersama?

Fimela25 Apr 2018, 10:30 WIB
Ilustrasi/Pixabay.com

Saya dan pacar saya adalah teman sekantor, dan kami memiliki perbedaan mulai dari usia selisih 10 thn dan juga iman, tapi awalnya itu tidak menjadi masalah.Tapi lama-lama karena perbedaan usia ini, kami mulai merasa tidak masuk satu sama lain (karena emosional kami tidak seimbang), ditambah dengan perbedaan keyakinan yg membuat kami jadi mulai sering membahas arah hubungan kami.

Hingga akhirnya kami sepakat untuk perbedaan iman jangan dulu dibahas. Semenjak kejadian itu saya melihat kekasih saya mulai berubah, yang dulunya begitu protektif, sekarang biasa saja kalau melihat saya jalan bersama pria lain. Dan juga saya sering melihat dia mulai mendekati lawan jenis dengan sepengetahuan saya tanpa memperdulikan perasaan saya. Dia selalu beralasan karena pekerjaan.

Sampai suatu kali saya merasa lelah dan berniat untuk mengakhiri hubungan ini. Karena hubungan kami mulai berubah dan saya mulai sadar dengan banyak perbedaan. Disini saya mau menanyakan, apa saya harus tetap bertahan dan bersabar melihat tingkahnya atau mengakhiri? Padahal sudah begitu banyak rencana2 yang sudah kami bayangkan jika kelak kami bersama.

Dan dia pun kalau saya minta putus, selalu tidak terima dan marah sekali. Tapi kalau di terima lagi, dia tidak pernah menghargai kesempatan yang sudah berkali-kali saya berikan. Jadi saya harus apa? Padahal saya masih sangat mencintainya --Febby Tart

Jawaban:

Danar Gumilang:

Danar Gumilang/Ade Irawan/Kapanlagi.com

Hi Febby, perbedaan usia memang terkadang membuat hubungan jadi menantang. Karena adanya perbedaan cara bercanda, gaya komunikasi yang berbeda, dll. Kalau memang kamu bisa menjalaninya dan menerima itu bagus. Nah kalau masalah perbedaan iman dan ada rencana untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius, ada baiknya kamu komunikasikan juga ke keluarga. Karena menikah itu tidak melulu tentang kamu dan pasangamu, tapi juga keluarga. Jangan sampai dengan tidak adanya restu dari keluarga akan menambah masalah dikemudian hari.

Rian Ibram:

Rian Ibram/Dok.Pribadi

Sebelum menghargai orang lain ada baiknya kita menghargai diri sendiri terlebih dahulu. Apakah kamu menghargai diri kamu sendiri dengan jalan sama cowok lain? Mungkin ini bisa jadi pemicu dia menjadi tidak menghargai kamu sebagai pasangan dan melakukan hal yang sama. Masalah perbedaan hanya kamu dan dia yang bisa menjawab. Sebesar apa cinta atau sayang kalian dibandingkan dengan perbedaan yang ada. Apakah perbedaan itu membuat kamu selalu mencari jurang pemisah, atau justru karena perbedaan itulah yang membuat kamu lebih baik secara mental dan rohani? :)

Taufik Effendi:

Taufik Effendi/Ade Irawan/Kapanlagi.com

Febby, kalo secara pribadi sih sebenarnya gue ga terlalu peduli sama perbedaan iman ketika pacaran. Kasih sayang itu menurut gue universal, ga memandang suku, agama, ras, maupun kelas sosial. Tapi kita hidup di Indonesia yang menjadikan perbedaan agama sebagai sebuah permasalahan, terutama jika berhubungan dengan pernikahan. Tergantung goal kamu aja sekarang. Berapa lama lagi kamu pingin nikah? Mungkin kamu bisa coba lebih sering lagi bahas soal pernikahan ke dia.

Dengan begitu dia akan menganggap kamu melihat hubungan kalian ke arah yang lebih serius, dan dia bisa mempertimbangkan apakah akan mengalah untuk pindah agama atau sebaliknya ngajak kamu pindah ke agamanya dia. Setelah itu keputusannya ada di kamu. Kalo emang masih kuat sama imannya masing-masing, ya berarti hubungan kalian emang harus segera diakhiri. Kenapa pacaran beda agama itu susah banget diakhiri, karena kalian dengan sendirinya selalu mencari persamaaan di antara perbedaan yang dimiliki, dan itu yang membuat fondasi hubungan orang-orang yang pacaran beda agama justru lebih kuat daripada pacaran yang seiman.Emang berat sih, tapi Tuhan ga akan memberikan cobaan melebihi kemampuan umat-Nya, kok :)

Mario Patrick:

Mario Patrick/Ade Irawan/Kapanlagi.com

KJDA- Kita Jalanin Dulu Aja- itu adalah kalimat yang paling mematikan tapi banyak pasangan yang memilih jalan itu karena alasan udah terlanjur cinta. Padahal ada perbedaan yang mendasar yang lebih baik diputuskan di awal daripada menjadi penghalang dalam hubungan kalian. Tapi kok saya nangkepnya kalo pacar kamu ini udah gak kayak dulu lagi perasaannya ke kamu. Mungkin karena masalah yang kalian hadapi, atau juga ada yang nggak dia bicarakan ke kamu. Berpisah baik-baik dengan pemahaman yang sama kalo kalian punya perbedaan prinsip itu lebih baik daripada dengan berantem. Good luck ya.

Dari Redaksi:

Ladies yang ingin kegalauannya dijawab seperti ini oleh para anggota The Brocasters silakan ajukan pertanyaan kamu di forum kami, Ruang Vemale. Untuk menyampaikan pertanyaan, ikuti ketentuan ini ya.

1. Tulis judul pertanyaan kamu dengan judul semenarik mungkin.

2. Di bagian kanan forum Ruang Vemale, terdapat kanal tersendiri dengan nama 'Tanya Pria'. Masukkan pertanyaan kamu ke kanal tersebut ya.

The Brocasters yang terdiri dari Rian Ibram, Taufik Hidayat, Mario Patrick, dan Danar Gumilang akan menjawab pertanyaan soal cinta dari sudut pandang pria. Lima pertanyaan terbaik akan dijawab seperti ini oleh mereka. Curhat yuk, Ladies.

(vem/zzu)