Cara Menyimpan Kentang Agar Tahan Lama dan TidakMudah Busuk

Mimi Rohmitriasih17 Des 2018, 11:38 WIB
Kentang

Fimela.com, Jakarta Kentang merupalan salah satu bahan makanan yang tak hanya kaya nutrisi tetapi juga bisa diolah menjadi berbagai masakan dan camilan enak. Kentang juga merupakan bahan makanan yang bisa disimpan dalam waktu cukup lama tanpa mengubah kualitas rasa dan teksturnya.

Agar kentang bisa tahan lama dan tetap berkualitas baik, kita harus menyimpan kentang dengan cara paling tepat. Adapun cara untuk menyimpan kentang antara lain sebagai berikut.

Simpan Kentang di Tempat Kering dan Terbuka

Pastikan untuk menyimpan kentang di tempat yang kering, bersih dan terbuka. Kita cukup menyimpan kentang di atas lantai dapur atau di atas meja. Sebelum disimpan, cuci bersih kentang kemudian keringkan dengan cara diangin-anginkan atau dijemur sebentar di bawah sinar matahari. Selanjutnya, simpan kentang dengan diletakkan di atas kertas atau wadah berjaring khusus untuk menyimpan kentang.

Hindari Menyimpan Kentang di Tempat Lembab

Hindari untuk menyimpan kentang di tempat yang lembab dan gelap. Kentang yang disimpan di tempat lembab dan gelap akan lebih mudah bertunas atau busuk.

Simpan Kentang dengan Cara Tepat

[Bintang] Ilustrasi Makanan Kentang
Alasan berbahaya kamu nggak boleh simpan kentang di kulkas. (Sumber Foto: shutterstock/huffingtonpost.com)

Hindari Menyimpan Kentang di Tempat Tertutup

Hindari pula menyimpan kentang di tempat atau wadah tertutup. Kentang yang disimpan di wadah tertutup akan lebih mudah rusak, busuk bahkan ditumbuhi jamur dan bakteri.

Hindari Menyimpan Kentang di Dekat Sayuran Lain

Sebaiknya, kentang di simpan di wadah khusus dan dipisah dari sayura lain seperti tomat, bawang, apel, pisang atau pun jengkol. Menyimpan kentang bersama sayur lain akan membuat kentang lebih mudah rusak dan terkontaminasi sayuran lain tersebut. Hindari juga menyimpan kentang bersama dengan bahan makanan lain yang memiliki aroma menyengat.

Sahabat Fimela, itulah cara yang perlu diperhatikan saat menyimpan kentang agar tahan lama dan tidak mudah busuk. Oh iya, untuk kentang yang sudah dikupas, cara menyimpannya tentu berbeda dengan kentang yang belum dikupas.

Kentang yang sudah dikupas sebaiknya disimpan di wadah plastik tertutup dan masukkan ke dalam lemari es. Jika kentang akan dimasak di hari yang sama, rendam kentang ke dalam air secukupnya saat menyimpannya. Ini agar warna kentang tidak berubah menjadi kusam atau kehitam-hitaman. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

 

Lanjutkan Membaca ↓