Sukses

Lifestyle

Penyakit Menular Akibat Berciuman!

Remaja biasanya sangat penasaran dengan hal-hal yang berhubungan dengan seks. Apalagi, bagi mereka yang belum mendapatkan pedidikan seksual. Mereka sering kali ingin mencobanya. Salah satu hal yang sering dilakukan oleh remaja dan kaum muda kini adalah berciuman.

Berciuman dianggap sebagai hal aman yang dapat dilakukan kapanpun. Tapi tahukah Anda bahwa ciuman juga beresiko penularan penyakit loh! Sudah pernah mendengarnya belum Ladies? Sebenarnya, penyakit tersebut bukan karena ciumannya sih, tapi pengaruh bakteri yang disebut dengan EBV atau Epstein-Barr Virus.

EBV atau lebih dikenal dengan Mono ini adalah salah satu tipe virus herpes loh Ladies. Biasanya mono terjadi pada usia antara 15 – 25 tahun. Virus ini mempengaruhi kelenjar getah bening, tenggorokan, kelenjar liur, hati, limpa dan darah yang dapat membuat seseorang merasa lelah dan pegal. Oleh karenanya biasanya gejala yang timbul adalah sakit pada tenggorokan, demam, gelisah, rasa tidak nyaman pada badan hingga timbulnya hepatitis nih Ladies.

Seperti yang dilansir dalam kidshealth.org, mono adalah jenis penyakit menular. Artinya seseorang dapat terkena virus ini dari orang lain salah satunya dari media liur. Salah satunya dengan berciuman. Tapi bukan itu saja loh Ladies, karena berbagi sedotan, sikat gigi atau sendok juga dapat mebuat Anda dengan mudah terjangkit virus ini.

Bahkan, hati-hati bagi remaja wanita yang sering bergantian menggunakan pelembab bibir. Virus ini akan dengan mudah menyebar dikalangan remaja tersebut. Biasanya, orang yang sudah terjangkit tidak merasa sakit dan bahkan mereka tidak sadar jika sudah terjangkit.
So, jangan lupa jaga kebersihan dan jangan mudah berbagi barang dengan orang lain ya.

Oleh: Gilang Pratiwi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading