3 Cara Mudah Menghilangkan Stres Selain Makanan

Vinsensia Dianawanti19 Des 2018, 18:30 WIB
Ilustrasi stres

Fimela.com, Jakarta Stres bisa dipicu oleh beragam faktor. Mengalami stres akan membuat kondisi mood menjadi menurun. Untuk itu, seseorang yang sedang mengalami stres biasanya akan mencari pelarian atau sesuatu yang bisa dijadikan pereda rasa stres.

Makanan menjadi hal yang paling mudah dicari dan didapat sebagai penghilang rasa stres. Jika berlebihan akan timbul masalah kesehatan dan kenaikan berat badan yang menimbulkan stres baru.

Daripada menjadikan makanan sebagai pelarian stres, ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk mereda rasa stres. Tara de Thouars menuturkan tiga cara mudah untuk menurunkan stres selain menjadi makanan.

1. Tenangkan diri

Sebelum memilih mengambil makanan, lebih baik tenangkan diri terlebih dahulu untuk mereda stres dan panik. Caranya adalah latihan bernapas minimal 10 kali. Atau cari aktivitas apapun yang bisa membuat tubuh lebih rileks.

Cara mudah menghilangkan stres

Ilustrasi stres
Ilustrasi stres. Sumber foto: unsplash.com/Francisco Moreno.

2. Menaikkan mood

Daripada memilih cokelat atau es krim, lebih baik cari aktivitas yang bisa menaikkan kondisi mood. Seperti olahraga rutin, meditasi, dan bersyukur dengan mengingat hal baik. Bisa juga membuat target kecil-kecilan, seperti menyelesaikan pekerjaan lebih cepat sebelum jam pulang kantor. Ketika target ini tercapai, akan dengan sendirinya dopamine meningkat.

3. Fokus pada akar masalahnya

Ketika menghadapi stres, terkadang seseorang lebih sibuk mencari pelarian daripada mengatasi akar masalahnya. Untuk itu, lebih baik jauhkan diri dari hal yang membuat stres. Misalnya, ketika mengalami situasi macet, lebih baik gunakan ojek online untuk terhindar dari macet.

Kemudian ubah situasi dengan menjadi lebih baik. Jika tidak bisa, cobalah untuk beradaptasi dengan situasi macet dan terakhir, cobalah menerima hal yang tidak bisa diubah dengan lihat sisi baiknya.

Lanjutkan Membaca ↓