Seberapa Parah Kecanduan Gadget Bisa Ungkap Kepribadian!

Febi Anindya Kirana19 Des 2018, 14:26 WIB
kepribadian

Fimela.com, Jakarta Di zaman serba modern dengan teknologi yang canggih seperti ini, bukan hal baru jika orang memiliki kebiasaan mengecek smartphone atau gadget-nya setiap waktu. Ditambah lagi dengan adanya media sosial, kebanyakan orang punya alasan untuk menghabiskan waktu dengan handphone-nya.

Tapi tahukah bahwa kebiasaan mengecek handphone ternyata bisa mengungkap kepribadian emosional seseorang? Dilansir dari Business Insider, seberapa parah kecanduan seseorang terhadap gaget bisa mengungkap seberapa baik kestabilan emosi mereka.

Sebuah penelitian tahun 2015 yang dilakukan James A. Roberts, PhD dari Baylor University menemukan bahwa orang yang terlalu lama menghabiskan waktu menatap layar handphone adalah orang-orang yang punya kestabilan emosional rendah. Mereka merasa lebih sensitif, mudah terpancing emosi, sering merasa cemas dan khawatir dalam hidup.

Uniknya, ternyata orang-orang introvert yang kebanyakan disangka akan lebih sering menghabiskan waktu menatap handphone, justru tidak kecanduan gadget. Karena mereka tidak menghabiskan banyak waktu mengecek handphone.

Alasannya sederhana, karena mereka malas melakukan hubungan sosial lewat dunia maya dan karena mereka lebih nyaman melakukan hal-hal lain yang justru tidak melibatkan handphone.

Wah, jadi seberapa parahkah kecanduan gadget yang dirimu rasakan? Semakin lama menghabiskan waktu dengan handphone, semakin tidak stabil secara emosional lho!