4 Tips LDR dalam Menjalin Komunikasi Agar Kesetiaan Terjaga

Endah Wijayanti19 Des 2018, 16:51 WIB
tips ldr

Fimela.com, Jakarta Komunikasi adalah kunci penting dalam menjalin hubungan jarak jauh (long distance relationship (LDR)). Mengingat terpisah jarak sudah cukup menyulitkan, menjaga komunikasi butuh komitmen sendiri. Apalagi kalau ada perbedaan waktu antara dia dan kita di sini, komunikasi yang dijalin bakal lebih banyak tantangannya.

Ada sejumlah tips dan cara sederhana yang bisa dilakukan dalam menjalin komunikasi agar kesetiaan tetap terjaga. Di tengah berbagai tantangan baru dan masalah yang mungkin terus bermunculan, dengan mengikuti tips-tips ini kita bisa mengusahakan komunikasi yang baik agar hubungan tidak putus begitu saja.

1. Terbuka Soal Kesibukan Sehari-hari

Setiap hari kita punya kesibukan sendiri. Dia pun pasti punya aktivitas dan kegiatan yang menyita semua waktunya setiap hari. Sejak awal, penting untuk terbuka soal kesibukan sehari-hari. Dengan cara ini kita bisa membuat komunikasi lebih mudah. Tak harus selalu menjadwalkan kapan telepon atau melakukan video call, tapi bisa disesuaikan dengan kesibukan setiap harinya.

2. Melakukan Sesuatu yang Sama

Meski terpisah jarak, kita masih bisa melakukan sesuatu yang sama dengan pasangan. Seperti membaca buku yang sama atau menonton film bersama (di tempat yang berbeda). Sehingga ada topik menyenangkan untuk diobrolkan. Bahkan cara ini bisa jadi penawar rindu, asal tidak berujung saling berdebat atau memojokkan bila ada perbedaan pendapat atau sudut pandang, ya.

“I don't cry because we've been separated by distance, and for a matter of years. Why? Because for as long as we share the same sky and breathe the same air, we're still together.” ― Donna Lynn Hope

LDR/mlg
Ilustrasi LDR/copyright shutterstock

3. Hindari Saling Menuduh atau Cemburu Buta

Misalnya, dia posting fotonya bersama seorang perempuan yang belum pernah kita kenal. Daripada langsung menuduh atau malah cemburu buta, kita bisa langsung menanyakannya pada pasangan kita. Tentu bertanyanya harus dengan intonasi nada yang tenang. Jangan buru-buru marah atau uring-uringan.

4. Jangan Mengobrol dalam Keadaan Marah

Setiap kali mengobrol via telepon atau video call, usahakan dalam keadaan yang tenang. Jika sedang ada masalah yang cukup pelik, mungkin kita perlu luangkan waktu beberapa saat dulu untuk menenangkan diri. Baru setelah itu bisa lanjut mengobrol lagi. Pikiran harus dalam keadaan jernih setiap kali berkomunikasi agar tidak memperburuk keadaan yang ada.

Tetap saling setia saat menjalin hubungan jarak jauh bukanlah hal yang mustahil. Pastinya memang butuh komitmen yang kuat dan komunikasi yang senantiasa dijaga dengan baik. Semoga hubunganmu saat ini dengan dia yang jauh di sana bisa selalu berjalan lancar, ya.

Lanjutkan Membaca ↓