Sukses

Lifestyle

Kenapa Wajah di Cermin dan Hasil Foto Berbeda? Kenali Yuk Penyebabnya

Pernah merasa ada hal yang berbeda saat melihat wajah di foto dan wajah di cermin? Beberapa dari kita mungkin akan merasa sangat cantik, manis dan menawan saat bercermin. Segalanya terlihat begitu mempesona dengan apa yang ada di wajah kita. Tapi, pesona itu bisa dalam sekejap hilang ketika kita mencoba berfoto selfie.

Menyebalkan memang saat melihat wajah di cermin dan foto tampak berbeda. Namun jangan buru-buru untuk sebal ladies. Melansir dari laman huffingtonpost.com, ada beberapa penyebab kenapa wajah bisa terlihat berbeda saat di cermin dan di foto.

Kita Berharap Banyak dengan Gambar di Cermin
Nolan Feeney menjelaskan dalam artikel Atlantik 2014, ketika melihat diri kita secara terbalik dengan menggunakan kamera, gambar yang didapatkan akan menjadi sedikit aneh karena sebagian karena wajah kita tidak simetris sempurna. Selain itu, noda-noda yang ada di wajah juga tidak akan tertutupi di foto, berbanding terbalik dengan cermin yang mampu menyembunyikannya.

"Orang-orang dewasa yang melihat dirinya di cermin dan meyakini bahwa hal tersebutlah yang juga dilihat oleh semua orang, padahal yang benar-benar terjadi adalah kebalikannya yang tidak sesuai harapan dan aneh," kata Jay Perry, seorang fotografer Kanada yang tinggal di Hamilton, Ontario. "Cermin adalah sejenis benda kebohongan."

Wajah akan tampak berbeda dari saat di cermin dan hasil kamera/copyright iStockphotos.com

Kita Lebih Menyukai Wajah Familiar
Frekuensi kita bercermin tentu lebih banyak dibandingkan berfoto. Hal tersebut secara tidak sadar membuat kita lebih menyukai wajah yang sering kita lihat. Bahkan teori eksposur mengatakan bahwa sesuatu yang terjadi secara berulang dapat membuat kita lebih menyukainya.

“Melihat tampilan diri sendiri di cermin menciptakan kesan yang kuat dan akrab. Keakraban tersebut kemudian menghasilkan sebuah kesukaan. Kemudian secara tidak sadar telah menetapkan preferensi untuk tampilan wajah kamu," jelas Pamela Rutledge, Direktur Pusat Penelitian Psikologi Media, mengatakan kepada The Atlantic pada tahun 2014

Berkaitan dengan Teknik Penggunaan
Perbedaan lensa kamera yang digunakan maka akan memberikan hasil foto yang berbeda pula. Bagi orang yang ingin terlihat lebih ramping, dapat memilih lensa yang lebih panjang karena "semakin pendek lensa, maka hasilnya akan membuat wajah kamu terlihat lebih lebar," ucap Perry. (Kiki Novilia)

Nah ladies, itulah beberapa penyebab kenapa wajah di cermin akan tampak berbeda dengan wajah di foto. Semoga informasi ini bermanfaat.
Sumber: Liputan6.com



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading