4 Alasan Hubungan Sangat Menyenangkan pada Masa-Masa Awal

Endah Wijayanti22 Des 2018, 14:42 WIB
awal hubungan

Fimela.com, Jakarta Ketika baru jadian atau menikah, hubungan akan terasa sangat menyenangkan. Masa-masa awal ini bisa dipenuhi banyak rasa cinta dan bahagia. Bahkan konflik yang terjadi pun bisa sangat minim.

Ternyata memang ada alasan tersendiri kenapa hubungan sangat menyenangkan pada masa-masa awal. Kita mungkin juga pernah merasakannya. Pada awal menjalin hubungan atau hidup bersama, hari-hari terasa selalu menyenangkan.

1. Kita Masih Menerima Pasangan Kita Apa Adanya

John Gray Ph.D., dalam Beyond Mars and Venus mengungkapkan bahwa hubungan sangat menyenangkan pada masa-masa awal karena kita menerima pasangan kita apa adanya. Karena masih berada pada tahap awal, kita bisa menerima keadaan dan kondisi yang ada tanpa ekspekstasi berlebihan. Selama kita sudah bisa mendapatkan cinta dari pasangan, kita sudah merasa cukup bahagia.

Kebaruan dan tantangan pada masa-masa awal merangsang banyak dopamin di otak, yang untuk sementara akan meningkatkan kemampuan kita mengabaikan kekurangan pasangan. Kekurangan atau kelemahan yang dimiliki pasangan pun tak terlalu kita ambil pusing.

2. Belum Dihadapkan pada Masalah-Masalah Berat

Semuanya masih terasa manis. Belum ada masalah berat yang kita hadapi. Belum ada batu sandungan yang menghadang. Ibaratnya, saat baru berlayar kita belum sampai ke tengah laut dan belum menghadapi gelombang besar. Jadi arusnya masih terasa tenang dan menyenangkan.

3. Belum Ada Desakan untuk Mengubah Pasangan

Pada masa-masa awal hubungan, fasenya adalah saling mengenal satu sama lain. Belum ada desakan untuk mengubah pasangan. Ketika desakan untuk mengubah pasangan sudah muncul, akan timbul respon untuk tidak lagi saling mendengarkan. Saat sudah mulai mengeluhkan pasangan dan memintanya untuk berubah, kita akan seperti menyuarakan tuntutan dan paksaan yang pada akhirnya hanya akan menyakiti perasaan.

4. Belum Ada Rutinitas yang Terasa Membosankan

Rutinitas yang baru masih berisi hal-hal yang baru pertama kali dicoba atau dilakukan. Sehingga belum ada rasa bosan. Segala hal yang dilakukan terasa menyenangkan dan penuh antusias untuk mengeksplorasi hal baru bersama.

Awal-awal hubungan bisa terasa begitu menyenangkan. Mempertahankan cinta pun akan memberi banyak tantangan baru. Jadi pada awal hubungan bisa memberi banyak kebahagiaan juga jadi masa-masa paling penting untuk membangun fondasi cinta yang kuat. Dengan begini, tidak hanya masa-masa awal saja yang terasa menyenangkan tapi juga masa-masa selanjutnya.