Sukses

Lifestyle

Apa Saja Isi Kotak Seserahan dalam Acara Pernikahan?

Fimela.com, Jakarta Seserahan memang selalu indetik dengan pernikahan. Ada banyak hal yang harus disiapkan untuk mengisi seserahan tersebut.

Isi seserahan bisa berbeda-beda untuk setiap daerah di Indonesia karena biasanya ada pakem-pakem yang harus diikuti. Akan tetapi, jaman sekarang semakin banyak calon pengantin yang memilih untuk tidak mengikuti adat dan memilih isi seserahan yang lebih bisa mereka pakai sehari-hari.

Terkadang para calon pengantin pun membeli seserahan sangat berlebih. Nah, untuk meminimalisir pembelian seserahan. Berikut beberapa barang yang wajib untuk seserahan, dilansir dari thebridedept.

Isi seserahan untuk calon pengantin perempuan:

1. Perlengkapan beribadah

Hal ini tentu sesuai dengan agama yang dianut dan pasangan anut. Untuk pasangan muslim, biasanya calon pengantin wanita akan diberikan mukena, sajadah dan juga tasbih.

2. Pakaian lengkap, tas dan sepatu

Jenis pakaian yang diberikan biasanya tergantung kesepakatan bersama. Beberapa calon pengantin wanita memilih untuk diberikan kebaya dengan kain batik atau songket untuk bawahan, tetapi ada juga yang memilih dress. Tak jarang juga ada yang meminta untuk dibelikan pakaian kerja saja. The choice is yours! Banyak juga yang menambahnya dengan tas (bisa tas sehari-hari atau clutch pesta) dan juga sepatu.

3. Perawatan tubuh dan perlengkapan mandi

Seserahan ini biasanya berupa sabun, shampoo, scrub, handuk dan hal lainnya yang biasa digunakan untuk merawat tubuhmu.

4. Peralatan kosmetik

Seperti lipstick, bedak, hingga riasan mata.

5. Perhiasan

Perhiasan di sini berbeda dengan cincin pernikahan. Biasanya perhiasan yang diberikan sudah satu set mulai dari kalung hingga anting. Pada pernikahan adat Jawa, biasanya perhiasan yang dipilih adalah perhiasan yang terbuat dari emas, intan, atau berlian. Hal ini memiliki makna agar sang calon mempelai perempuan selalu bersinar dalam kehidupannya.

6. Makanan

Makanan ini bisa berupa kue tradisional, kue modern seperti red velvet cake. Saran dari kami, pilihlah makanan yang memang disukai agar tidak mubazir!

7. Buah-buahan

Pilihlah buah-buahan yang memang disukai oleh kamu dan keluargamu. Sedikit tips dari kami, janganlah meminta buah dengan ukuran besar, seperti semangka. Sebenarnya tidak ada alasan khusus, tapi pasti akan berat banget untuk dibawa! Hehe.

Isi seserahan untuk calon pengantin pria:

1. Perlengkapan beribadah

Bisa hanya sarung dan sajadah atau juga ditambah dengan baju koko. Your choice!

2. Pakaian lengkap dengan tas dan sepatu

Nah biasanya untuk pria bisa diberikan kemeja batik atau jas dengan kemejanya. Jika kamu memiliki budget lebih, kamu bisa menambahkan aksesoris seperti belt atau cufflink.

3. Perawatan tubuh dan perlengkapan mandi

4. Makanan

5. Buah-buahan

Satu hal yang harus diingat, jumlah kotak seserahan tergantung dari kesepakatan kedua calon pengantin. Jadi bukan berarti kotak seserahan harus berjumlah 7 lho!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading