Cara Membuat Lemper yang Bisa Tahan Lama

Endah Wijayanti06 Jan 2019, 12:30 WIB
lemper

Fimela.com, Jakarta Kue lemper merupakan salah satu kue tradisional yang lezat. Terbuat dari beras ketan dengan isian daging ayam, kue lemper pun bisa bikin kenyang. Hanya saja kadang kue lemper tidak bisa tahan lama. Tapi bukan berarti tidak ada trik atau cara untuk membuat lemper lebih tahan lama dan tidak mudah basi.

Cara membuat lemper agar bisa tahan lama perlu memperhatikan sejumlah hal. Proses pemasakan dan pembuatannya perlu memperhatikan sejumlah hal. Yuk, kita ikuti keterangan lengkapnya di sini.

1. Ketan Dikukus Sampai Setengah Tanak Terlebih Dahulu

Ketan yang akan digunakan untuk membuat lemper bisa dikukus sampai setengah tanak terlebih dahulu. Sembari menunggu ketan setengah tanak, kita bisa memasak santan sampai mendidih terlebih dahulu.

2. Campur Santan dan Beras Ketan Panas Sampai Menjadi Aron

Setelah beras ketan sudah setengah tanak, bisa langsung dicampurkan dengan santan. Aduk dan diamkan sampai santan benar-benar terserap hingga menjadi aron. Setelah itu baru kukus sekitar 30 menti sampai tanak sempurna.

3. Isian Daging Ayam Jangan Terlalu Basah

Untuk isian daging ayam, sebaiknya jangan sampai terlalu basah. Ketika dimasak, bumbu dan daging ayam suwir harus benar-benar meresap.

4. Simpan dalam Kulkas

Lemper yang sudah dbungkus atau dibuat, bisa kita simpan dalam kulkas. Dengan cara ini, lemper bisa tahan lama hingga dua sampai tiga hari.

5. Lemper Dipanggang

Lemper yang sudah dibuat bisa dipanggang sampai hangat agar terasa lebih nikmat dan lebih tahan lama. Aroma lemper pun jadi lebih harum bila dipanggang.

Cara di atas merupakan sejumlah tips dasar yang bisa digunakan untuk membuat lemper lebih awet atau tahan lama. Semoga infonya bermanfaat, ya.