Berhenti Berlagak Sok Tegar, Mengeluh Justru Memanusiakanmu

Ayu Puji Lestari14 Jan 2019, 15:35 WIB
Mengeluh

Fimela.com, Jakarta Pernah disepelekan karena mengeluh? Ya, memang tidak semua orang tahan saat mendengar keluhan. Apalagi jika keluhan tersebut berulang dan tentang hal yang sama. Justru saat kita mengeluh, orang terdekat kita lebih gencar mengeluh dan seakan apa yang terjadi padanya sangatlah buruk.

Well, apakah benar mengeluh itu justru membuatmu terlihat lemah? Sahabat Fimela, adakalanya kita perlu mengeluh. Mendaur ulang emosi itu sangat penting, agar kita tetap baik-baik saja.

1. Terlihat Baik-Baik Saja Bukan Jaminan Bahagia

Apa yang dicari saat berusaha baik-baik saja? Jika memang sedang tidak nyaman, maka katakan perasaanmu. Meluapkan emosi itu penting. Memendam rasa kecewa berusaha untuk tegar justru akan membuat emosimu tidak stabil dan akan berakibat buruk pada kesehatan mentalmu.

Sesekali mendengarkan kalimat motivasi memang penting untuk meningkatkan mood-mu, namun tidak ada salahnya jika meluapkan rasa kecewa dengan mengeluh. Dunia tidak akan berakhir hanya karena keluhanmu kan?

2. Mengeluh akan Membuatmu Tidak Mudah untuk Puas

Selain mengeluh pada orang lain, seringkali kita juga mengeluh pada diri sendiri. Mungkin Sahabat Fimela menganggap hal itu melelahkan, namun yang perlu diketahui mengeluh dapat meningkatkan motivasi untuk tidak puas.

Saat mengeluh biasanya karena kita tidak berhasil menyelesaikan tugas dengan baik, tentu hal ini dapat memotivasimu agar lebih positif dan tidak mudah terbuai dengan keberhasilan.

3. Mengeluh Tidak Menyelesaikan Masalah Tapi Ia Melegakanmu

Seringkali kita mendapat kritikan saat mengeluh atau mengritik orang lain karena sepanjang waktu selalu mengeluh. Justru kita lupa mengeluh memang tidak akan menyelesaikan masalah namun mengeluh dapat melegakanmu.

Saat mengeluh sebenarnya kita sedang mengeluarkan energi negatif dalam tubuh kita. Maka tidak heran jika setelah mengeluh perasaanmu jauh lebih ringan.

Dengan mengeluh kita belajar untuk tidak memendam perasaan. Belajar untuk menyelamatkan ego. Tidak ada yang salah dengan mengeluh, karena keluhan memanusiakan kita. Selamat hari ini.

Live Streaming KLY Lounge With Geisha

Tutup Video
Astrofisika untuk Orang Sibuk./Copyright Fimela/Endah
2W Ago

Untuk semua yang terlalu sibuk sehingga tak sempat membaca buku tebal namun tetap mencari saluran ke jagat raya.

Selengkapnya
Astrofisika untuk Orang Sibuk./Copyright Fimela/Endah
Buku Digital Marketing Concept./Copyright Fimela/Endah
3W Ago

Yuk intip isi buku Digital Marketing Concept: Penggunaan Konsep Dasar Digital Marketing untuk Membuat Perubahan Besar Ini.

Selengkapnya
Buku Digital Marketing Concept./Copyright Fimela/Endah
Novel Looking for Alibrandi./Copyright Fimela/Endah
3W Ago

Novel Looking for Alibrandi ini telah mencatat kemenangan di Fairlight Talking Book Awards tahun 2000 sebagai buku yang paling keras menyuarakan isu-isu remaja dan lintas budaya dalam 10 tahun terakhir.

Selengkapnya
Novel Looking for Alibrandi./Copyright Fimela/Endah
Ilustrasi kekerasan dalam pacaran/copyright shutterstock
3W Ago

Kerasan dalam pacaran kerap terjadi, cara ini dapat membantumu.

Selengkapnya
Ilustrasi kekerasan dalam pacaran/copyright shutterstock