Mengenal Kepribadian Antisosial dan Tanda-tandanya

Mimi Rohmitriasih18 Jan 2019, 14:51 WIB
Kepribadian

Fimela.com, Jakarta Antisosial atau yang sering kita sebut sebagai ansos adalah istilah yang digunakan untuk orang-orang yang terlalu pendiam, suka menyendiri, tidak memiliki teman juga sahabat serta kurang bersosialisasi dengan sekitarnya. Melansir dari laman bustle.com, orang yang berkpribadian antisosial tidak sama dengan mereka yang berkepribadian introvert.

Mereka yang berkepribadian introvert juga cenderung pemalu, pendiam, suka menyendiri dan fobia sosial hingga menghindar dari situasi sosial. Meski begitu, orang yang introvert sebenarnya tetap bisa bersosialisasi dengan baik dan punya kemauan kuat buat bersosialisasi.

Kepribadian antisosial juga berbeda dengan kepribadian Asosial. Mereka yang berkepribadian Asosial cenderung menarik diri dari lingkungannya, menghindari kontak atau interaksi dengan orang lain dan menyendiri tanpa berlaku kasar. Orang-orang dengan kepribadian Asosial berusaha merasa nyaman dengan dunianya sendiri tanpa merugikan orang lain.

Sedangkan antisosial adalah gangguan kepribadian yang terbentuk dari pengalaman pribadi atau perilaku menyimpang. Umumnya, kepribadian antisosial bisa terlihat pada usia remaja. Ini merupakan gangguan kepribadian atau mental yang mempengaruhi pola pikir, perasaan, gagasan atau pendapat dan hubungannya dengan orang lain.

Mengutip dari laman hellosehat.com, orang-orang yang mengalami gangguan kepribadian antisosial biasanya ditandai dengan perilaku yang eksplotatif, melanggar hak orang lain, adanya tipu muslihat di dalamnya serta kasar atau bisa dibilang cenderung kriminal. Beberapa ahli menyebutkan jika perilaku antisosial sangat berbahaya karena ini merugikan orang lain, kasar bahkan kejam. Ini juga mengabaikan perasaan dan sifat empati pun simpati dalam diri.

Well Sahabat Fimela, jangan sampai salah untuk membedakan serta memaknai kepribadian introvert, asosial dan antisosial ya?