Kelebihan dan Kekurangan Tipe Kepribadian ISTP, Ungkap di Sini yuk!

Endah Wijayanti23 Jan 2019, 08:15 WIB
kelebihan kekurangan ISTP

Fimela.com, Jakarta Sebelumnya kita sudah membahas soal beberapa ciri umum tipe kepribadian ISTP. Sebagai pengingat kembali, ISTP (introverted, sensing, thinking, perceiving) adalah satu dari 16 tipe kepribadian dari tes psikologi Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Umumnya kita perlu mengikuti atau melakukan tesnya terlebih dahulu untuk mengetahui kita masuk ke tipe kepribadian yang mana.

Kalau belum sempat mengikuti tesnya, tak ada salahnya untuk mencoba mencari tahunya dengan mengecek kelebihan dan kekurangan kepribadian ISTP. Dikutip dari verywellmind.com, seorang ISTP punya sejumlah kelebihan dan kekurangan yang cukup menonjol. Yuk, langsung kita simak berikut ini.

Kelebihan Seorang ISTP

1. Lebih suka berpkir logis.

2. Mampu belajar dari pengalaman sendiri.

3. Mampu berpikir realistis dan praktis.

4. Menyukai hal-hal baru.

5. Punya rasa percaya diri dan kemandirian yang tinggi.

Orang dengan tipe kepribadian ISTP juga umumnya punya kebiasaan suka membongkar benda atau sesuatu untuk memelajari komponen atau fungsinya. Dia balik kepribadiannya yang kadang tampak begitu kalem, ia juga suka mencoba hal-hal baru dan ekstrem. Seorang ISTP juga bisa sangat mandiri karena selalu bisa diandalkan untuk mencoba dan melakukan berbagai hal dengan kemampuannya sendiri.

Kekurangan Seorang ISTP

1. Sering kesulitan memahami orang lain.

2. Kurang peka terhadap emosi orang lain dan diri sendiri.

3. Gampang sekali merasa bosan.

4. Kadang bisa terlalu sembrono.

5. Tidak menyukai komitmen.

Seringkali karena terlalu fokus pada tindakan dan hasil, seorang ISTP jadi kurang peka terhadap emosi dan perasaan orang lain. Bahkan kadang kesulitan untuk memahami emosinya sendiri. Suka melakukan banyak hal baru tapi mudah bosan. Komitmen merupakan hal yang seringkali membuatnya tak merasa nyaman.

Dengan memahami kekurangan dan kelebihan ini, kita akan sangat terbantu untuk mengembangkan potensi yang kita punya dan menangani kekurangan yang kita miliki. Semoga infonya bermanfaat, ya.