Sukses

Lifestyle

5 Ciri Kepribadian INTJ, Pendengar yang Baik tapi Super Perfeksionis

Fimela.com, Jakarta Ada satu cara yang cukup menarik untuk mengetahui jenis atau tipe kepribadian kita, yaitu menggunakan tes kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Dalam tes psikologi MBTI, kepribadian manusia digolongkan menjadi 16 tipe. Salah satunya adalah INTJ (introverted, intuitive, thinking, and judging). Tipe kepribadian seperti apakah INTJ ini?

Seorang INTJ umumnya dikenal sangat analitis, kreatif, dan logis. Dilansir dari verywellmind.com, menurut psikolog David Keirsey, sektiar satu sampai empat persen populasi memiilki tipe kepribadian INTJ ini. Secara umum, seorang INTJ memiliki ciri-ciri berikut ini.

1. Lebih Suka Bekerja Sendiri

Sebagai seorang introvert, INTJ lebih suka bekerja sendiri. Memang bisa bekerja dalam tim, tapi bisa lebih optimal dalam bekerja bila diberi kebebasan atau kemandirian.

2. Pendengar yang Baik

Salah satu hal yang membuat seorang INTJ disukai banyak orang adalah karena ia bisa jadi pendengar yang baik. Saat orang lain bercerita atau curhat padanya, dia bisa dengan sabar dan penuh perhatian mendengarkan dengan cermat. Lebih mudah melihat gambaran umum atau gambarn utuh suatu hal dan lebih suka pada informasi yang abstrak.

3. Sangat Perfeksionis

Saat akan melakukan sesuatu , seorang INTJ lebih suka membuat rencana yang benar-benar matang terlebih dahulu. Ingin segalanya serba sempurna. Hal ini karena seorang INTJ punya kecenderungan ingin membuat dunia "dalam genggaman" sehingga bisa memudahkannya mengatasi situasi yang sedang dijalaninya.

4. Lebih Suka Berpikir Logis

Seorang INTJ cenderung menyukai hal-hal yang logis. Saat menerima informasi, dia berusaha untuk mencernanya menggunakan logika. Melihat segala sesuatunya dengan seobjektif mungkin. Dengan kata lain, seorang INTJ tidak terlalu suka mengedepankan atau terlalu menonjolkan emosi yang sifatnya terlalu subjektif.

5. Kurang Suka Basa-Basi

Lebih suka berinteraksi atau bersosialisasi dengan orang-orang yang sudah dikenal dekat, seperti keluarga atau sahabat dekat. Punya kecenderungan tampak tertutup dan sulit mengekspresikan emosi atau perasaan pribadinya. Selain itu, seorang INTJ juga umumnya dikenal kurang suka basa-basi. Jadi kadang ia tampak dingin dan sulit untuk didekati.

Beberapa orang terkenal yang memiliki kepribadian INTJ, antara lain Thomas Jefferson, C.S. Lewis, Arnold Schwarzenegger, dan Lance Armstrong. Tokoh Gandalf dalam The Lord of the Rings pun ditampilkan dengan tipe kepribadian INTJ ini.

Lima ciri di atas adalah karakter umum yang dimiliki tipe kepribadian INTJ. Kita bisa mejadikan info di atas sebagai salah satu referensi untuk mengenal kepribadian kita atau kepribadian orang terdekat kita. Semoga info ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading