Sukses

Lifestyle

5 Ciri Kepribadian ESTP, si Energik yang Gampang Bosan

Fimela.com, Jakarta Berdasarkan tes psikologi Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), kepribadian bisa digolongkan dalam 16 tipe. Dari 16 tipe tersebut, ada yang disebut ESTP (Extraverted, Sensing, Thinking, Perceiving). Sebagai seorang ekstrovert, tipe kepribadian ESTP ini sering dikenal memiliki kepribadian yang energik. Apakah kita termasuk yang memiliki kepribadian ini?

Tipe kepribadian ESTP sangat suka menghabiskan waktunya dengan teman dan banyak orang. Dilansir dari verywellmind.com, seorang ESTP cenderung lebih suka melakukan tindakan langsung daripada hanya sekadar teori. Untuk mengetahui lebih lanjut soal tipe kepribadian ESTP, yuk kita simak lima ciri umumnya berikut ini.

1. Lebih Suka Melakukan Tindakan Spontan

Kurang suka membuat rencana. Lebih suka langsung melakukan tindakan tanpa kebanyakan teori. Saat menghadapi masalah, dia adalah tipe orang yang langsung berusaha melihat fakta yang ada untuk kemudian segera mencari jalan keluarnya.

2. Energik

Sangat suka bertemu dan berkumpul dengan banyak orang. Kurang suka dibatasi dengan terlalu banyak aturan atau rencana. Lebih suka melakukan sesuatu dengan langsung berimprovisasi tanpa dibatasi pilihan.

3. Persuasif

Mengobrol dengan ESTP bisa terasa sangat menyenangkan. Seorang ESTP bisa memiliki sifat yang persuasif dan pandai memperhatikan hal-hal kecil. Dalam sebuah obrolan, seorang ESTP bisa jadi orang yang paling menonjol.

4. Gampang Bosan

Orang dengan tipe kepribadian ESTP bisa memiliki banyak sekali energi. Sehingga mereka akan mudah bosan dalam situasi yang monoton. Saat dihadapkan pada infromasi atau hal-hal yang teoritis, seorang ESTP juga bakal gampang merasa bosan. Dia baru bisa kembali merasa bersemangat saat diminta untuk melakukan tindakan langsung atau terjun langsung ke pekerjaan.

5. Berani Mengambil Risiko

Karena kecenderungannya yang berani mengambil risiko, seorang ESTP kadang dicap sebagai orang yang ceroboh. Bertindak sebelum berpikir matang bisa jadi hal yang problematis untuk seorang ESTP. Kalau terlalu ceroboh, seorang ESTP bisa dihantui penyesalan yang dalam karena melakukan sesuatu tanpa memikirkan risiko atau dampaknya dengan matang.

Beberapa figur terkenal yang memiliki kepribadian ESTP ini antara lain Donald Trump, Madonna. Ernest Hemingway, dan Thomas Edison. Orang dengan kepribadian ESTP ini juga dikenala sebagai orang yang pandai dalam berinteraksi dengan orang lain sertap punya kemampuan yang baik dalam memahami komunikasi nonverbal.

Lima ciri di atas adalah karakter umum yang dimiliki seorang ESTP. Apakah di antara kita ada yang memiliki kepribadian ini? Atau mungkin ada orang terdekat kita yang punya kepribadian ESTP ini? Info ini bisa kita jadikan salah satu referensi dasar untuk mengenal kepribadian ESTP dengan lebih baik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading