Kelebihan dan Kekurangan Tipe Kepribadian ESTP, Ungkap di Sini yuk!

Endah Wijayanti30 Jan 2019, 12:16 WIB
kelebihan estp

Fimela.com, Jakarta Orang dengan ciri kepribadian ESTP dikenal energik. Saking banyaknya energi yang dimiliki, seorang ESTP bisa berani mengambil berbagai risiko untuk mencoba hal-hal baru. Di sisi lain, kadang dia terlalu ceroboh dalam mengambil risiko sampai melupakan konsekuensi yang harus dihadapi.

ESTP merupakan satu dari 16 tipe kepribadian berdasarkan tes psikologi Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Dilansir dari verywellmind.com, psikolog David Keirsey mengungkapkan bahwa sekitar empat sampai sepuluh persen manusia di dunia memiilki kepribadian ESTP ini. Tipe kepribadain ESTP ini pun diyakini sebagai salah satu tipe yang paling banyak dimiliki. Kali ini kita akan mengungkap kelebihan dan kekurangan yang dimiliki seorang ESTP, yuk langsung kita simak di sini.

Kelebihan Seorang ESTP

1. Energik dan kocak.

2. Suka berteman.

3. Persuasif dan mudah mempengaruhi orang lain.

4. Lebih suka bertindak langsung daripada berteori.

5. Jeli dengan hal-hal yang ada di sekitarnya.

Sebagai seorang ekstrover, tipe kepribadian ESTP ini dikenal sangat suka berteman dan bersosialisasi. Ketika mempelajari hal baru, ia lebih suka langsung merasakan dan mengalaminya sendiri daripada hanya belajar dari teori. Punya kemampuan bicara yang cukup mendominasi, ia bisa jadi orang yang mudah mempengaruhi orang lain dan sangat persuasif.

Kekurangan Seorang ESTP

1. Impulsif.

2. Kompetitif.

3. Kadang sikapnya terlalu dramatis.

4. Mudah bosan.

5. Kurang peka.

Saat mengambil risiko, seorang ESTP bisa sangat impulsif. Sehingga tindakannya bisa mengakibatkan konsekuensi atau dampak yang tak pernah ia bayangkan sebelumnya. Pada situasi tertentu, ia bisa kurang peka terhadap keadaan di sekitar. Kadang ia memilih mengorbankan kebutuhannya sendiri demi membuat orang lain bahagia.

Bila kita mempunyai teman seorang ESTP, dia biasanya akan jadi orang yang paling mudah mencairkan suasana. Meski kadang sikapnya suka melebihkan sesuatu, tapi dia bisa jadi teman yang menyenangkan untuk melakukan berbagai hal baru bersama.

Apakah Sahabat Fimela di sini termasuk yang memiliki kepribadian ESTP? Semoga info ini bisa membantu kita untuk mengenali diri kita dengan lebih baik lagi, ya.