Di Balik Hidup yang Makin Berat, Ada Jiwa yang Makin Tegar

Endah Wijayanti31 Jan 2019, 16:24 WIB
Zodiak Taurus/Mlg

Fimela.com, Jakarta Makin dewasa, hidup bisa terasa makin berat saja. Cobaan dan masalah hidup hadir silh berganti. Bahkan ada masa-masa berbagai masalah hadir dalam waktu yang bersamaan. Bahu ini pun rasanya tak sanggup lagi menopang berbagai beban yang ada. Tapi menyerah belum tentu jadi jalan keluar terbaiknya.

Setiap kali mendapat hari yang buruk, pada poin tertentu mungkin kita ingin untuk berhenti saja. Seperti sudah berada di tepi tebing, rasanya kita ingin langsung terjun saja dan mengakhiri semua. Ya, kadang hidup bisa terasa seberat itu.

Coba Ambil Jeda Sejenak

Dari semua permasalahan yang pernah kita lewati, pasti ada hikmah yang bisa kita ambil. Saat kita berhasil melewati dan mengatasi sebuah masalah, tingkat kedewasaan kita akan ikut bertambah. Setiap luka memang meninggalkan bekas. Tapi dari bekas itu kita akan selalu diingatkan bahwa ternyata situasi yang paling buruk pun telah berhasil kita lewati. Jadi tak perlu cemas atau takut berlebihan bila akan dihadapkan pada masalah baru lagi.

 

 

 

“Life is at its best when everything has fallen out of place, and you decide that you're going to fight to get them right, not when everything is going your way and everyone is praising you.” ― Thisuri Wanniarachchi

ZODIAK
Ilustrasi. (Sumber foto: unsplash.com)

Tak Semua Hari Akan Buruk Selamanya

Ada siang, ada malam. Ada duka, pasti akan ada suka. Tak semua hari akan buruk selamanya. Saat ini mungkin kita sedang diuji dengan berbagai permasalahan dan persoalan yang seakan tak ada habisnya. Tapi nanti pasti akan ada hari-hari yang lebih baik. Akan ada saat di mana kita bisa kembali tersenyum dengan jiwa yang lebih kuat dan tergar dari sebelumnya.

Setelah Kesulitan, Pasti Ada Kemudahan

Dunia kadang terasa tidak adil. Ada hal-hal yang rasanya tidak seharusnya terjadi atau kita alami. Tapi hidup bisa memberi kejutannya sendiri. Ada masalah-masalah yang muncul dan tak bisa kita hindari. Sehingga jalan satu-satunya yang ada adalah menghadapinya dan menyelesaikannya. Mudah? Tentu tidak. Setiap masa sulit dan berat selalu memberikan luka yang mendalam. Mungkin kita juga akan terjatuh dan terpuruk. Tapi belum tentu semuanya akan berakhir di situ.

“Sometimes you go through things that seem huge at the time, like a mysterious glowing cloud devouring your entire community. While they're happening, they feel like the only thing that matters and you can hardly imagine that there's a world out there that might have anything else going on. And then the glow cloud moves on. And you move on. And the event is behind you. And you may find, as time passes, that you remember it less and less. Or absolutely not at all, in my case.” ― Welcome to Night Vale

[Bintang] 4 Zodiak Ini Paling Susah Berempati sama Orang Lain
Ilustrasi. (Sumber foto: unsplash.com)

Harapan Selalu Ada Meski Kita Tak Bisa Melihatnya

Harapan tak selalu bisa kita lihat di depan mata. Karena bisa jadi harapan itu sedang bersembunyi di suatu tempat menunggu kita untuk bisa menemukannya. Bila kita memilih untuk berhenti dan menyerah, harapan itu pun mungkin tak akann bisa kita temukan selamanya. Coba untuk mengambil satu langkah dulu. Ambil satu langkah terlebih dahulu, untuk kemudian kita lanjutkan mengambil langkah-langkah yang baru.

Semoga apapun masalah dan kesulitan hidup yang kita alami saat ini bisa memberi hikmah terbaik untuk hidup kita. Semua permasalahan hadir untuk menempa kita menjadi pribadi yang lebih dewasa dan tegar. Tetap semangat, ya!

 

Lanjutkan Membaca ↓