5 Ciri Kepribadian ESFJ, si Supel yang Agak Mudah Tersinggung

Endah Wijayanti01 Feb 2019, 10:51 WIB
Zodiak

Fimela.com, Jakarta ESFJ (Extraverted, Sensing, Feeling, Judging) adalah satu dari 16 tipe kepribadian berdasarkan tes psikologi Myers-Briggs Type Indicator. Kali ini kita akan membahas soal beberapa ciri umum yang dimiliki seorang ESFJ. Siapa tahu ada di antara kita yang memiliki tipe kepribadian ini.

Seorang ESFJ umumnya dikenal supel. Dilansir dari verywellmind.com, orang dengan tipe kepribadian ESFJ ini bisa mendapatkan energinya melalui interaksi dengan banyak orang. Suka berteman dan bersosialisasi. Berikut lima ciri umum tipe kepribadian ESFJ.

1. Supel dan Suka Membantu Orang Lain

Berinteraksi dengan orang lain selalu memberi tambahan semangat dan energi baru pada diri seorang ESFJ. Selain itu, ia juga bisa merasa bahagia dengan membantu orang lain. Akan lebih bahagia lagi bila orang yang dibantunya mengungkapkan rasa terima kasih atau menghargai usahanya.

2. Mudah Tersinggung

Sikap yang tidak ramah dari orang lain bisa membuatnya tersinggung. Apalagi kalau niat baiknya tak diterima dengan baik, seorang ESFJ bisa merasa terluka. Terhadap orang-orang yang dikenalnya dengan baik, seorang ESFJ tak pernah berpikiran negatif atau buruk. Maka dari itu ketika seseorang yang selama ini sudah dikenal dengan baik malah menyinggung perasaannya, dia bisa merasa sangat terluka.

3. Menilai Situasi atau Orang Lain Berdasarkan Perasaan

Saat menilai sebuah situasi atau menilai orang lain, seorang ESFJ biasanya lebih mengandalkan perasaannya. Mudah membuat piilhan berdasarkan perasaannya. Di satu sisi, hal ini bisa menguntungkan karena proses pengambilan keputusan bisa berlangsung cepat. Tapi di sisi lain, kadang keputusan yang diambil bisa menyudutkan pihak lain karena tidak melibatkan pertimbangan yang matang.

4. Banyak Maunya

Lebih suka mengatur hal-hal yang ada di sekitarnya. Membuat rencana dan jadwal pun perlu disesuaikan dengan keinginannya. Hal ini bisa terjadi karena dasar keinginannya untuk meringankan orang lain, meski kadang jadi disalahartikan sebagai sifat yang banyak maunya.

5. Lebih Suka Langsung Bertindak daripada Hanya Berteori

Dalam kesehariannya, seorang ESFJ lebih suka langsung bertindak. Lebih suka terjun langsung melakukan hal-hal praktis yang jelas, daripada menghabiskan terlalu banyak waktu pada hal-hal yang teoritis.

Sejumlah orang terkenal ada yang memiliki tipe kepribadian ESFJ, seperti Sally Field, Sam Walton, William McKinley, dan Barbara Walter. Bahkan karaktern film Inside Out, Joy juga digambarkan memiliki tipe kepribadian ESFJ ini.

Lima ciri di atas adalah karakter umum yang dimiliki oleh seorang ESFJ. Apakah ada di antara kita yang merasa memiliki ciri-ciri tersebut? Atau mungkin ada orang terdekat kita yang memiliki tipe kepribadian tersebut?