Sekilas Mirip, Tapi Ini Bedanya Jus dan Smoothie

Ivana Okta07 Feb 2019, 16:53 WIB
jus

Fimela.com, Jakarta Buah yang dihaluskan memang jadi minuman kesukaan dan menyehatkan. Lalu, menurutmu minuman ini namanya smoothie atau jus sih?

Jus dan smoothie memang sama-sama terbuat dari buah sehat yang dihaluskan. Meskipun sekilas terlihat mirip, sebenarnya jus dan smoothies memiliki beberapa perbedaan yang mendasar. Berikut ini perbedaannya:

  • Nah, dari cara pembuatannya jus dan smoothie ini sudah berbeda. Jus dibuat dengan juicer yang dilengkapi ekstraktor atau diproses dengan blender biasa kemudian disaring. Smoothie sendiri adalah hasil blender beberapa jenis buah dan sayur. Kadang ditambahkan pula susu, santan, atau spirulina untuk meningkatkan kekentalan.
  • Jus dan smoothie memang sama-sama sehat tapi kandungannya berbeda. Satu gelas jus mengandung lebih banyak vitamin dan mineral daripada smoothie. Ini karena dibutuhkan lebih banyak buah dan sayur untuk mendapatkan segelas jus. Smoothie sendiri cairan dan seratnya tak dipisahkan.
  • Jus akan memberikan energi instan untuk tubuh, smoothie sendiri akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Kandungan nutrisi dalam jus lebih mudah diserap tubuh, sehingga bisa memberikan 'suntikan' energi instan. Serat smoothie yang tinggi berguna untuk memberikan rasa kenyang lebih lama dan menyeimbangkan gula darah.

Nah, itu tadi adalah perbedaan mendasar smoothie dan juga jus. semoga menambah pengetahuanmu ya Sahabat Fimela.