Takut Kuman dan Kotor, Seperti Ini Kepribadianmu!

Febi Anindya Kirana16 Feb 2019, 18:23 WIB
kepribadian

Fimela.com, Jakarta Ketakutan adalah suatu hal yang wajar dirasakan setiap manusia, namun beberapa orang punya ketakutan berlebih pada suatu hal, entah itu ketakutan pada gelap, takut ketinggian dan bahkan takut pada kuman atau hal-hal kotor. Dan ternyata ketakutan pada sesuatu bisa menebak kepribadian orang tersebut.

Para peneliti percaya bahwa ketakutan pada kuman dan kotot atau disebut mysophobia, dipicu karena trauma. Seperti dikatakan Dean McCay, PhD, situasi kotor memicu respon perhatian berlebih pada orang mysophobia sehingga terobesi untuk selalu bersih dan memastikan diri tidak terkena kontaminasi.

Secara kepribadian, orang takut kuman memiliki kebiasaan menjaga kebersihan, tak suka sekitarnya berantakan dan tidak tertata rapi. Orang mengenalnya sebagai sosok yang rapi, bersih, terorganisir dengan baik, memeperhatikan detail dan nyaris perfeksionis.

Meski begitu, orang yang takut kotor ini memendam stres tingkat tinggi dalam dirinya dan punya tingkat kecemasan tinggi. Ia mudah merasa khawatir akan hal-hal kecil yang mana bisa berbahaya untuk kesehatan mentalnya. Akan lebih baik jika ia bisa rileks sedikit.

Jadi, seperti itu kepribadian orang yang takut kuman atau takut kotor.