5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Setuju Menjalani LDR

Febi Anindya Kirana18 Feb 2019, 12:36 WIB
hubungan cinta

Fimela.com, Jakarta Menjalani hubungan cinta bukan hanya melibatkan perasaan tapi juga persetujuan rasional dari kedua belah pihak, apalagi untuk mereka yang menjalani long-distance relationship atau hubungan jarak jauh. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum setuju menjalani LDR agar hubungan bisa dipertahankan dan dijalani dengan baik.

1. Jarak

Ini adalah poin pertama yang harus dipertimbangkan, seberapa jauh jarak yang memisahkan kalian. Karena ini adalah ukuran pertama untuk bisa menentukan bagaimana menentukan berapa kali bisa bertemu dan lain sebagainya. Jika bisa ditempuh dengan perjalanan mobil, mungkin bisa sesekali bertemu. Tapi jika di luar negeri, sering bertemu mungkin agak sulit.

2. Kontak fisik

Bagi pasangan yang sudah menikah, tentu tidak adanya kontak fisik dengan pasangan bisa memberatkan. Satu sama lain harus tahu bahwa kontak fisik akan terbatasi, hal ini harus dibicarakan, dipahami bersama dan akan lebih baik bisa ditoleransi satu sama lain. Jangan sampai hal ini akan menimbulkan masalah nantinya, cari jalan keluarnya.

 

Hal yang harus dipertimbangkan sebelum menjalani LDR

couple
Ilustrasi/copyright pexels.com/Edgar Serrano

3. Komunikasi

Tentukan cara komunikasi seperti apa yang bisa dilakukan mempertimbangkan jaraknya. Saat ini sudah banyak cara komunikasi yang memudahkan untuk jarak jauh, bukan hanya telepon dan mengirim pesan, tapi juga bisa video call, skipe, dan lainnya. Pertimbangkan juga uang yang harus dikeluarkan untuk komunikasi luar negeri, misalnya.

4. Kecemburuan

Karena tak bisa saling bertemu, kecemburuan dan kecurigaan kemungkinan muncul dari dalam diri. Bagaimana jika ia selingkuh dan lain sebagainya. Hubungan tanpa rasa cemburu tentu hambar, tapi ketahui batasan dan kapan harus cemburu, dan tentu saja, jangan ragu ungkapkan pada pasangan serta alasannya.

5. Melupakan

Karena kesibukan masing-masing, tak pernah bertemu, berada jauh dan sulitnya komunikasi, bisa jadi membuatmu melupakannya. Perlahan pikiran tentangnya memudar, bicarakan berdua bagaimana caranya agar tidak saling mengabaikan dan melupakan satu sama lain.

Hubungan jarak jauh memang menyulitkan, namun ini adalah salah satu ujian untuk mengetahui seberapa kuat cinta kalian.

Lanjutkan Membaca ↓