5 Olahan Jengkol Pedas yang Paling Nendang, Masak Sendiri di Rumah yuk!

Endah Wijayanti02 Mar 2019, 13:46 WIB
Diperbarui 02 Mar 2019, 13:46 WIB
rendang jengkol

Fimela.com, Jakarta Siapa nih yang doyan banget sama jengkol? Jengkol yang diolah dengan bumbu pedas memang yang paling favorit. Cita rasa pedas bisa menambah kenikmatan jengkol yang diolah.

Ada banyak olahan jengkol pedas yang bisa kita buat sendiri di rumah. Nah, kali ini Fimela bakal ngasih lima olahan jengkol pedas yang paling favorit. Dengan racikan bumbu khas Indonesia, kita bisa membuat olahan jengkol pedas yang nikmat di rumah. Selengkapnya, yuk simak infonya di sini.

1. Semur Jengkol Pedas

Pastinya sudah tidak asing dong dengan semur jengkol? Semur jengkol pedas pun bisa jadi yang paling disuka para pecinta pedas. Dengan bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabai rawit, merica, cabai merah keriting, dan kemiri, kita bisa membuat semur jengkol pedas yang sedap. Pastikan jengkol sudah direbus sampai empuk dan dimemarkan agar bisa meresap bumbu dengan sempurna.

2. Rendang Jengkol Pedas

Bukan cuma daging sapi yang bisa diolah jadi rendang. Jengkol pun bisa dimasak jadi rendang jengkol pedas yang sedap. Menggunakan santan kelapa, rendang jengkol pedas ini memberi rasa gurih yang makin menambah selera makan.

3. Sambal Goreng Jengkol

Sambal goreng jengkol ini termasuk yang paling mudah dibuat. Serai, daun salam, saus tiram, garam, dan gula yang menjadi bumbu dasar membuat sambal goreng ini sedap. Pakai bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, tomat, cabai rawit, dan cabai merah, kita bisa membuat sambal goreng jengkol yang sedap. Tambahkan lebih banyak cabai rawit bila ingin lebih puas menikmati sensasi pedas sambal goreng ini.

 

[Bintang] Semur Jengkol
Semur Jengkol | Via: caramemasakpraktis.net

4. Jengkol Sambal Ijo

Wah, menu yang satu ini jangan sampai kelewatan. Jengkol sambal ijo mudah sekali dibuatnya. Cabai hijau dan cabai rawit dikukus terlebih dahulu lalu dihaluskan dengan bawang putih, bawang merah, gula, dan garam secukupnya. Sambal ijo yang sudah dihaluskan kemudian ditumis sampai harum lalu masukkan jengkol yang sudah direbus. Setelah itu, kita hanya perlu menunggu bumbunya meresap sebelum langsung dinikmati dengan nasi putih hangat.

5. Jengkol Bumbu Balado

Bumbu balado juga sangat cocok dimasak dengan jengkol. Jengkol bumbu balado pun bisa dinikmati cukup dengan nasi putih hangat. Untuk menghasilkan jengkol yang tidak bau, kita bisa merebusnya terlebih dahulu dengan bubuk kopi. Caranya, rebus air hingga mendidih. Masukkan 2 sdm kopi dan jengkol, masak hingga jengkol empuk. Bubuk kopi ini berfungsi untuk mengurangi bau menyengat dari jengkol. Ketika sudah matang dan empuk, jengkol pun bisa langsung diolah dengan bumbu balado yang sedap.

Jengkol dengan bumbu bercita rasa pedas memang yang paling top. Dinikmati untuk menu atau lauk sehari-hari juga sangat nikmat. Kira-kira mau coba masak jengkol dengan bumbu yang mana dulu, nih?