Menikah Bisa Turunkan Risiko Stroke pada Pria, Menurut Penelitian

Febi Anindya Kirana07 Mar 2019, 09:15 WIB
menikah

Fimela.com, Jakarta Ketika menikahi seseorang, setiap orang harus tahu bahwa ia harus bisa menerima baik buruknya orang yang akan jadi pasangannya secara sah seumur hidup, atau paling tidak 10 hingga 20 tahun ke depan. Mungkin bayangan ini tampak mengerikan, karena diri ini seakan terikat pada suatu hal yang membuat sesak.

Padahal tidak seperti itu. Menikah justru punya banyak manfaat, salah satu manfaat yang bisa dijelaskan secara ilmiah adalah manfaat kesehatan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Stroke Association menemukan bahwa pria menikah memiliki risiko lebih rendah 64 persen mengalami stroke dibanding pria single.

Penelitian yang dipimpin Professor Uro Goldbourt dari Tel Aviv University, Israel ini menemukan bahwa tingkat kepuasan pasangan menikah mempengaruhi besar kecilnya risiko stroke, dan mereka yang merasa bahagia dalam pernikahannya mengalami peningkatan kesehatan dan penurunan risiko stroke yang signifikan.

Itulah mengapa sebaiknya orang tidak meremehkan arti ikatan pernikahan. Karena ternyata menikah bisa memberikan manfaat kesehatan penting, yaitu menghindari stroke.