Kunci Sukses Penduduk Italia Memiliki Angka Harapan Hidup yang Tinggi

Anisha Saktian Putri11 Mar 2019, 18:00 WIB
Diet Mediteranian

Fimela.com, Jakarta Terdapat delapan negara dengan penduduk memiliki umur yang panjang, salah satunya Italia. Negara yang terkenal akan pizzanya ini memiliki sistem kesehatan terbaik di dunia.

Bahkan, di bagian selatan Italia banyak penduduknya yang memiliki umur lebih dari 100 tahun. Negara ini pun hadir untuk mengobati seluruh masyarakatnya tanpa terkecuali.

Nicola Bianchi, Scientific Attache dari Kedutaan Besar Italia mengatakan ada dua mengapa Italia memiliki angka harapan hidup cukup tinggi, yaitu riset ilmu pengetahuan dan gaya hidup.

"Kedua hal ini saling berkaitan. Italia juga terkenal akan makannya seperti pasta, tomat dan minyak zaitun. Yang menjadi cikal bakal dari Diet Mediterania yang terkenal," ungkap Nicola saat ditemui dalam Pameran Seni 'Italy: The Beauty of Knowledge' di Museum Nasional.

Diet Mediterania

[Bintang] Ilustrasi Diet
Menuju lebaran, jangan sampai berat badan malah jadi lebaran. ini 5 hal yang wajib dijalani saat diet! (Sumber Foto: UrbanWired)

Bahkan menurutnya, diet mediterania ini sudah menjadi gaya hidup masyarakat Italia sejak dulu.

“Diet mediterania ini mengandung sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang baik bagi kesehatan tubuh,” paparnya.

Selain itu, enu diet Mediterania ini menggunakan sedikit daging merah dengan lemak tak jenuh yang berasal dari minyak zaitun dan kacang-kacangan. Selain membuat bobot tubuh normal, diet ini juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, Parkinson, dan Alzheimer.

Nicola juga mengatakan, riset ilmu pengetahuan telah mengembangkan pasta model baru yang disebut sebagai pasta 'Fungsional'. Jenis pasta semolina yang terbuat dari gandum durum yang fungsional.

Di dalamnya, terdapat zat bioaktif dan antioksidan yang tinggi. Sementara pewarnanya diambil dari kacang lentil.

Jika ingin melihat contoh dari pasta "Fungsional" tersebut di Pameran Seni 'Italy: The Beauty of Knowledge' di Museum Nasional, mulai 6-31 Maret 2019.

Lanjutkan Membaca ↓