Berapa Lama Cabai Bubuk bisa Awet Disimpan?

Febi Anindya Kirana14 Mar 2019, 13:42 WIB
cabai

Fimela.com, Jakarta Punya persediaan cabai bubuk di rumah, menyimpannya juga harus diperhatikan agar cabai bubuk bisa digunakan dalam waktu lama dan awet. Cabai bubuk yang tidak disimpan dengan baik akan mudah menggumpal dan bahkan berjamur sehingga menghilangkan rasa alaminya dan tak bisa digunakan lagi.

Wah, tak mau hal ini terjadi kan? Oleh karena itu, sahabat Fimela harus tahu bagaimana cara menyimpan bubuk cabai yang benar agar awet tahan lama dan bisa dipakai kapan saja.

Seperti bumbu-bumbu rempah lainnya, cabai bubuk kering juga punya masa pakai terbaiknya sebelum 'kadaluwarsa'. Dilansir dari Does It Goes Bad, karena dalam bentuk kering dan halus, bubuk cabai umumnya aman digunakan bahkan selama bertahun-tahun. Namun seiring bertambahnya usia penyimpanan, kemungkinan rasa pedasnya juga akan berkurang.

Misalnya saja cabai bubuk keirng yang berusia 5 tahun, rasa pedanya pasti berbeda dengan cabai bubuk baru yang masih fresh. Disarankan, lebih baik jika menghabisakan cabai bubuk tidak lebih dari 1-2 tahun saja.

Tentu saja, penyimpanan dalam jangka waktu tersebut juga berpengaruh pada tempat penyimpanan, apakah kedap udara atau tidak, ditaruh di tempat yng tepat atau tidak dan lain sebagainya. Pastikan wadah penyimpanan tidak membiartkan adanya kontaminasi pada bubuk cabai sehingga bubuk cabai awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama.