Minyak Biji Rami, dari Lancarkan Pencernaan Hingga Cegah Kanker

Karla Farhana21 Mar 2019, 20:00 WIB
[Fimela] Minyak Biji Rami

Fimela.com, Jakarta Flaxseed, atau biji rami, merupakan salah satu biji-bijian utuh yang kerap dicampurkan ke dalam makanan. Selain menjadi campuran, biji yang kaya akan serat ini juga kerap dijadikan tepung untuk mengolah makanan.

Selain itu, biji rami juga kerap kali diekstrak menjadi minyak. Nah, minyaknya ini juga mengandung berbagai khasiat. Biasanya, tulis Women's Health Magazine, minyak biji rami bermanfaat untuk kesehatan. 

Selain mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan pencernaan serta mampu membantu membakar lemak, minyak ini juga mengandung asam lemak omega 3 yang mampu mengurangi peradangan. Juga menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. 

Selain itu, minyak ini mengandung linoorbitides yang juga disebut minyak anti kanker dan anti oksidan. Kandungannya mampu memberikan perindungan pada tubuh dari radikal bebas. 

 

2 of 2

Mencegah Kanker Payudara

[Fimela] Kanker payudara
Ilustrasi kanker payudara | unsplash.com

Meski belum ada penelitian yang dapat membuktikan minyak ini dapat menangkal semua jenis kanker, namun dilansir dari Hello Dokter, minyak biji rami dapat melindungi tubuh dari kanker payudara. 

Para peneliti yakit kalau mengonsumsi minyak akan membantu meningkatkan angka harapan para penderita kanker payudara. Selain itu, minyak ini juga mengandung asam alfa linoleat (ALA) yang membantu memperlambat pertumbuhan dan bahkan membunuh sel kanker. 

Lanjutkan Membaca ↓