10 Mitos Perempuan Introvert, Kenali Juga Faktanya ya!

Endah Wijayanti21 Mar 2019, 13:13 WIB
zodiak

Fimela.com, Jakarta Kalau mendengar kata introvert, hal pertama apa yang terlintas di benak kita? Mungkin kita langsung beranggapan bahwa seorang introvert itu orang yang tertutup dan sangat menjaga jarak. Bahkan mungkin ada yang menganggapnya sebagai orang yang dingin dan sangat pendiam.

Seorang introvert memang pribadi yang unik. Meski banyak yang menganggapnya sangat tertutup, seorang introvert punya karakter yang menarik. Carl King seperti yang dilansir dari boredpanda.com mengungkapkan 10 mitos introvert. Dia menuliskan daftar mitos tersebut setelah membaca buku berjudul The Introvert Advantage: How to Thrive in an Extrovert World karya Marti Laney, Psy.D. Sebagai seseorang yang berkepribadian introvert, Carl merasa wawasannya langsung terbuka setelah membaca buku tersebut. Di balik 10 mitos ini pun kita akan menemukan fakta menarik tentang seorang introvert, baik perempuan maupun pria. Selengkapnya, yuk simak di sini.

Mitos 1: Introvert Tak Suka Bicara

Bukannya tak suka bicara, tapi seorang introvert emang kurang suka basa-basi. Tapi begitu sudah membahas topik atau sebuah persoalan yang menarik, dia tak akan berhenti bicara selama berjam-jam lamanya.

Mitos 2: Introvert Pemalu

Seorang introver butuh alasan untuk berinteraksi. Kalau berinteraksi hanya untuk basa-basi, maka ia tak akan melakukannya. Tapi dia tak keberatan bila ada yang mengajaknya bicara tanpa harus repot berbasa-basi terlebih dahulu.

Mitos 3: Introvert Ketus

Sebenarnya yang diinginkannya adalah berusaha untuk jujur dan apa adanya. Tapi seringkali disalahpahami sebagai sikap yang ketus atau jutek.

Mitos 4: Introvert Tak Suka Berteman

Justru ketika seorang introvert sudah menjalin sebuah ikatan pertemanan, dia akan menjaga ikatan itu dengan sepenuh hatinya. Begitu sudah mendapat kepercayaan dari seorang introvert, dia akan berusaha semaksimal mungkin selalu ada di dekat kita.

Mitos 5: Introvert Tak Suka Pergi ke Tempat Umum

Bukannya tidak suka, tapi kalau disuruh memilih pergi ke keramaian atau istirahat di rumah pada akhir pekan, kemungkinan ia akan memilih di rumah. Seorang introvert hanya harus membutuhkan waktu sendiri untuk bisa mengisi ulang energi tubuhnya.

 

 

memaksimalkan introver
Tips untuk introver./Copyright shutterstock.com

Mitos 6: Introvert Selalu Suka Menyepi

Yang terjadi adalah seorang introvet lebih banyak berpikir. Meski kelihatannya tenang, bisa ada banyak hal yang sedang dipikirkannya atau berusaha dipecahkannya. Memang ketika tak ada seseorang yang bisa diajak untuk bertukar pikiran, ia bisa merasa sangat kesepian.

Mitos 7: Introvert Itu Aneh

Karena kecenderungan ingin menjadi diri sendiri, kadang seorang introvert tidak suka mengikuti tren atau orang kebanyakan. Dia bisa menjadi yang paling berbeda dari lainnya dan dicap aneh, tapi justru itulah keunikannya.

Mitos 8: Introvert Suka Mengucilkan Diri

Sebenarnya seorang introvert perlu memiliki ruang untuk bisa menikmati apa yang sedang ada di dalam pikirannya sendiri. Meski kadang ia akan terlihat seperti sengaja menjauh dari orang lain.

Mitos 9: Introvert Tak Tahu Cara Bersenang-senang

Hei, seorang introvert punya caranya sendiri dalam bersenang-senang. Menghabiskan waktu dengan rileks dan tenang di rumah merupakan salah satu cara paling sederhana baginya untuk bersenang-senang.

Mitos 10: Introvert Bisa Jadi Ekstrovert

Introvert adalah temperamen yang dimiliki sejak lahir. Sehingga rasanya tidak bisa begitu saja memaksa seorang introvert untuk berubah menjadi ekstrovert.

Sahabat Fimela di sini ada yang merasa memiliki kepribadian introvert kah? Tak perlu merasa minder atau rendah diri dengan kepribadian tersebut, ya. Justru seorang introvert punya kelebihan dan keunikannya sendiri yang istimewa dari kebanyakan orang lain.