5 Tips Jitu "Menyederhanakan" Pekerjaan Kantor Biar Nggak Gampang Stres

Endah Wijayanti23 Mar 2019, 13:27 WIB
tekanan kerja

Fimela.com, Jakarta Benar adanya bahwa pekerjaan yang menumpuk bia membuat kita stres. Begitu banyak tugas, proyek, dan pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu bersamaan pastinya bisa membuat kita kalang kabut tak karuan. Kondisi tubuh dan pikiran pun bisa ikut terganggu karena masalah ini.

Untuk kita adakalanya kita perlu menyederhanakan pekerjaan. Maksudnya adalah menata dan mengatur kembali pekerjaan yang ada sembari menyesuaikannya dengan waktu dan energi yang kita punya. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba, yuk langsung simak saja.

1. Buat Aturan Pribadi

Di sini maksudnya adalah untuk membantu kita mendapat hidup yang lebih seimbang. Ambil secarik kertas, lalu tuliskan jadwal harian dan mingguan untuk diikuti yang mencakup pekerjaan, waktu untuk keluarga, dan kebutuhan untuk istirahat dan rileks. Buat aturan pribadi seperti tidak membawa urusan pekerjaan di kantor ke rumah. Supaya kita tidak kebingungan dengan tuntutan multitasking yang tidak produktif.

2. Delegasikan Pekerjaan Bila Memungkinkan

Tidak semua pekerjaan kantor harus kita selesaikan sendiri. Mungkin kita punya tim atau bawahan yang bisa kita andalkan untuk bisa bekerjasama menyelesaikan semua pekerjaan tepat waktu. Bila ada pekerjaan yang bisa didelegasikan ke rekan kerja lain atau dikerjakan bersama tim, maka lakukan. Untuk meningkatkan produktivitas kerja pun, pastinya perlu ada rasa saling percaya antar rekan kerja dengan komitmen bersama yang kuat.

3. Dahulukan Pekerjaan yang Penting dan Mendesak

Kadang kita bingung harus mengerjakan pekerjaan yang mana dulu. Di sini kita bisa mendahulukan pekerjaan yang sifatnya penting dan mendesak. Pekerjaan penting dengan tenggat waktu yang sudah mempet perlu didahulukan. Baru kemudian atur prioritas untuk pekerjaan yang mungkin kurang mendesak.

 

“I’ve learned that making a ‘living’ is not the same thing as ‘making a life.'”—Maya Angelou

perempuan milenal
Perempuan milenial sukses berkarier./Copyright shutterstock.com

4. Buat Slot Waktu Khusus untuk Tiap Pekerjaan

Sebagai contoh, pada satu jam pertama fokus pada pekerjaan A, lalu istirahat sekitar 10 menit, kemudian lanjut menyelesaikan pekerjaan A selama satu jam kemudian. Baru setelah itu, istirahat lagi 10 menit, untuk lanjut ke pekerjaan B. Buat rincian jadwal yang terdiri dari jam dan menit untuk tiap pekerjaan yang harus dilakukan. Selalu luangkan waktu atau jeda untuk istirahat juga, ya. Dilansir dari hongkiat.com, dengan istirahat maka produktivitas kerja kita juga bisa meningkat. Karena tubuh yang terlalu lelah dan dipaksa terus bekerja keras malah akan sering membuat kesalahan dan bakal memperlambat kinerja kita.

5. Selalu Catat Semua Hal Penting di Buku Khusus

Pentingnya mencatat ini adalah untuk meringankan tugas otak kita. Kalau kita hanya mengandalkan ingatan, maka otak rasanya akan "penuh" dan bisa menurunkan daya konsentrasi saat kita bekerja. Ada baiknya untuk memiliki buku khusus untuk mencatat semua hal penting. Sekadar coretan ide bisa kita tuangkan di situ. Berbagai hal yang menyangkut pekerjaan bisa kita catat untuk memudahkan kita nantinya mengatur prioritas.

Pekerjaan kantor mungkin terasa tidak pernah ada habisnya, ya. Meski begitu, kita masih bisa mengatur prioritas dengan lebih tertata agar tidak kelimpungan saat mulai bekerja.

 

Lanjutkan Membaca ↓