Tips Memasak Ayam Goreng Enak Tanpa Diungkep

Ivana Okta26 Mar 2019, 14:26 WIB
ayam goreng

Fimela.com, Jakarta Sebelum digoreng, ayam biasanya diungkep. Selain membuat ayam lebih empuk, ini juga akan membuat bumbu lebih meresap. Ayam lebih gurih, warnanya pun akan lebih cantik. Yang lebih penting, ayam akan matang dengan merata.

Nah, bisakah menggoreng ayam sampai matang merata tanpa mengungkepnya terlebih dahulu? Jawabannya tentu saja bisa, tapi harus dengan mengikuti tips-tips berikut ini.

  • Yang pertama adalah potong ayam seukuran. Ini untuk membuat ayam bisa matang bersamaan dan merata.
  • Selanjutnya, tusuk-tusuk daging ayam dengan garpu. Ini akan membantu bumbu rendaman lebih meresap sempurna ke dalam daging ayam.
  • Rendam ayam dalam bumbu selama kurang lebih 30 menit. Bisa juga dengan memasukkan ayam dalam lemari es agar lebih meresap bumbunya.
  • Trik agar ayam matang merata adalah goreng dengan minyak yang melimpah. Ayam yang terendam dengan sempurna akan matang merata.
  • Goreng dengan api kecil. Saat menggoreng ayam tanpa ungkep, gunakan api kecil. Ini akan membuat ayam lebih matang sempurna hingga ke dalam. Menggoreng dengan api besar hanya akan membuat ayam garing di luar tapi dalamnya masih mentah atau berdarah.

Mudah sekali bukan? Yuk, segera dicoba.