Tips Memotong Buah yang Benar Agar Nutrisinya Tak Hilang

Ivana Okta26 Mar 2019, 15:45 WIB
kiwi

Fimela.com, Jakarta Buah merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh. Buah-buahan juga sumber serat yang sangat baik untuk pencernaan manusia. Tentu saja semua nutrisi harus diserap dengan maksimal untuk mendapatkan efek yang optimal. Ternyata, salah memotong buah bisa menghilangkan nutrisinya lho.

Mengupas dan memotong buah dapat mengurangi kandungan gizinya. Ini karena panas, oksigen, serta udara sekitar bisa menghilangkan nutrisi dalam buah. Kulit buah memang berfungsi melindungi kandungan di dalamnya.

Mengupas buah memang membuatnya lebih cepat busuk. Oksigen akan mempercepat proses pemecahan gula alami dalam buah menjadi karbon dioksida. Ini yang menyebabkan warna buah pun cepat berubah. Lalu, bagaimana cara memotong buah yang benar agar kandungan nutrisinya tetap maksimal?

Yang pertama pastikan pisau yang digunakan taham dan bersih. Ini untuk mencegah terjadinya kontaminasi bakteri pada buah yang mempercepat pembusukan. Nah, buah yang sudah dipotong pun sebaiknya cepat-cepat dimakan agar tak terlalu lama terpapar udara.

Jika sudah terlanjur dipotong, Sahabat Fimela bisa menyimpan buah tersebut dalam wadah kedap udara dan masukkan dalam lemari es. Pastikan tak ada udara yang bisa masuk ke dalam wadah berisi buah tersebut agar tak cepat busuk.