6 Tanda Kamu Terlibat dalam Hubungan yang Tidak Sehat

Vinsensia Dianawanti04 Apr 2019, 06:00 WIB
Ilustrasi pasangan

Fimela.com, Jakarta Hubungan sepatutnya dijalani dua orang yang penuh dengan komitmen. Perselisihan dalam hubungan merupakan hal yang biasa karena akan cenderung membuat hubungan tersebut semakin dewasa.

Kamu boleh saja mencintai pasangan dengan sepenuh hati. Hanya saja jangan sampai membawa kamu ke dalam hubungan yang tidak sehat. Yang membuat kamu terjebak dalam hubungan itu sendiri. Dikutip dari Purewow pada Kamis (28/3/2019) setidaknya ada enam tanda yang bisa kamu waspadai ketika kamu berada di dalam hubungan yang tidak sehat. Apa saja?

1. Memberi lebih dari apa yang diterima

Hal ini tidak dimaksudkan ketika kita memberikan sesuatu pada pasangan harus mengharapkan imbalan. Namun dalam hubungan sangat diperlukan memberi dan menerima. Tidak perlu dihitung secara presisi berapa hal yang diterima. Hanya saja dalam hubungan yang harmonis, idealnya pasangan akan memberikan balasan atas apa yang telah kita berikan, bukan?

2. Merasa cemas saat tidak bersama

Hal yang wajar jika merasa ada yang hilang ketika tidak sedang bersama pasangan. Namun menjadi tidak wajar ketika kamu selalu memeriksa ponsel ketika ada pesan dari pasangan. Ini akan membuat kamu tidak bisa fokus pada apa yang seharusnya dikerjakan. Karena seakan ada yang salah. Hal ini juga berpengaruh pada pengambilan keputusan.

3. Berdebat hal yang sama setiap minggu

Perdebatan adalah hal umum yang terjadi dalam hubungan. Namun jika terjadi berulang kali dengan siklus yang sama, apakah kemudian menjadi baik? Debat demi debat hanya akan muncul tanpa mengomunikasikan apa yang menjadi inti masalahnya.

 

Tanda hubungan yang tidak sehat

Ilustrasi pasangan
Ilustrasi pasangan (foto: Unsplash.com/Ayo Ogunseinde)

4. Selalu mengungkit masalah yang lalu

Ketika kamu melakukan kesalahan biasanya akan membuat pertengkaran. Kemudian kamu meminta maaf untuk menyudahi pertengkaran. Sayangnya, ketika terjadi hal yang serupa pasangan selalu mengungkit masalah yang sama dan membuat kamu muak.

5. Selalu terbebani

Hubungan yang sehat harus menghasilkan hal terbaik dari dalam diri sendiri. Harus merasa lebih percaya diri dan tanpa beban. Namun jika kamu merasa lebih buruk sejak menjalin hubungan, bisa jadi ada kamu terjebak dalam hubungan yang tidak sehat.

6. Termakan dengan hubungan

Kamu menjadi benar-benar terobsesi dengan pasangan dan tidak berhenti memikirkan dia. Kamu perlu menyadari bahwa hubungan telah mengambil seluruh identitas diri kamu. Hal ini bisa disebabkan oleh aturan pasangan yang mengisolasi diri kamu dari keluarga dan kerabat.

Lanjutkan Membaca ↓