Sebelum Menikah, Diskusikan Hal Ini dengan Pasangan Sahabat Fimela

Mimi Rohmitriasih01 Apr 2019, 09:17 WIB
pernikahan

Fimela.com, Jakarta Pernikahan merupakan momen yang sangat mengesankan buat siapa saja. Melalui pernikahan, seseorang berharap bahwa ia bisa memiliki hidup yang lebih bahagia bersama pasangan pilihan hatinya.

Agar pernikahan yang dijalani tidak melenceng dari angan-angan, melansir dari laman cosmopolitan.com penting bagi calon pengantin untuk mendiskusikan beberapa hal. Hal tersebut mulai dari kesiapan keduanya dalam membangun rumah tangga, bagaimana rencana akad dan resepsi pernikahan yang hendak digelar, berapa anak yang akan dimiliki, akan tinggal di mana setelah menikah, akankah istri di rumah saja atau bolehkah tetap bekerja dan masih banyak lagi.

Sebelum benar-benar mantap untuk melangkah ke jenjang pernikahan, penting bagi calon suami istri saling memahami dan mengerti satu satu lain. Pemahaman ini tidak hanya dari segi fisik tetapi juga psikis masing-masing.

Diskusi Pra Nikah

cinta
ilustrasi pasangan/copyright unsplash/@sirbusorin

Meski dirimu dan pacar sudah menjalin hubungan asmara dalam waktu yang lama, saat kalian memutuskan untuk menikah, disarankan agar tidak melewatkan diskusi tentang bagaimana keinginan kalian setelah menikah nanti. Diskusikan beberapa hal sebelum menikah antara lain visi misi masing-masing, apa yang ingin kalian raih di 1 tahun, 5 tahun, 10 tahun bahkan 20 tahun pernikahan kalian, diskusikan dan katakan dengan jujur sifat masing-masing satu sama lain, diskusikan hubungan kalian dengan keluarga juga bagaimana dengan kehadiran anak di rumah tangga kalian.

Para ahli juga menyarankan agar calon pasangan suami istri mendiskusikan cara mengelola keuangan, bagaimana keduanya menyelesaikan masalah, bagaimana hubungan masing-masing dengan teman dan sahabat, juga bagaimana acara pernikahan yang diinginkan.

Jangan sampai sebelum menikah dirimu dan pasangan melewatkan diskusi ini tetapi setelah menikah justru merasa menyesal karena tidak memahami dan mengerti semuanya dari awal. Jangan sampai tanpa adanya diskusi pra nikah lantas dirimu pun suami merasa salah memilih pasangan hidup. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Lanjutkan Membaca ↓