Mengenal Perbedaan Ice Coffee, Cold Brew dan Ice Americano

Mimi Rohmitriasih02 Apr 2019, 10:34 WIB
es kopi susu

Fimela.com, Jakarta Menikmati ice coffee di siang hari yang terik tentu memiliki kenikmatan tersendiri. Saat ini, ada banyak coffee shop yang menjual berbagai minuman dari kopi termasuk ice coffee. Coffee shop telah menjadi tempat bersantai yang mengesankan bersama pasangan, sahabat atau teman dekat.

Ketika berada di coffee shop, kita akan disuguhkan berbagai olahan kopi yang menarik. Saking banyaknya pilihan menu kopi yang ada, mungkin kita akan kesulitan membedakan menu kopi satu dengan lainnya. Seperti menu ice coffee, cold brew atau ice americano. Sekilas, ketiganya memiliki tampilan yang mirip dan nyaris tak bisa dibedakan satu sama lain. Namun jangan salah Sahabat Fimela, ketiganya memiliki perbedaan yang cukup signifikan lho. Berikut perbedaannya.

Ice Coffee

Ice coffee atau es kopi merupakan sajian kopi yang disajikan bersama es sehingga memiliki rasa dingin segar. Ice coffee terbiat dari kopi yang diseduh kemudian didinginkan kemudian diberi potongan es batu. Rasa ice coffee beragam tergantung jenis kopi apa yang digunakan.

Cold Brew dan Ice Americano

Ilustrasi es kopi
Ilustrasi es kopi (unsplash/ Matt Hoffman)

Cold Brew

Sekilas cold brew terlihat sama dengan ice coffee. Tapi keduanya ini adalah sajian kopi yang berbeda Sahabat Fimela. Jika ice coffee merupakan seduhan kopi yang cukup diberi tambahan susu, gula dan es batu, cold brew adalah kopi yang dibuat dengan metode perendaman selama 8 sampai 12 jam. Cold brew dibuat dengan mengekstrasi biji kopi menggunakan air suhu ruang atau dengan air dingin. Rasa cold brewe umumnya lebih ringan, istimewa dan lebih mengesankan dari kopi lainnya.

Ice Americano

Ice Americano merupakan kopi espresso yang ditambahkan air di dalamnya. Minuman ini juga ditambah es batu agar lebih dingin. Espresso sendiri dibuat dari ekstrak biji kopi yang diproses dengan mesin tekanan tinggi dan sedikit air. Kopi ini umumnya memiliki rasa pahit ringan dan tawar. Ice Americano cocok untuk mereka yang sedang diet karena rendah kalori.

Itulah perbedaan ice coffee, cold brew dan ice americano. Jangan sampai bingung lagi membedakan kopi-kopi ini ya.

 

Lanjutkan Membaca ↓