Perbedaan Margarin dan Mentega yang Perlu Diketahui Sahabat Fimela

Mimi Rohmitriasih07 Apr 2019, 09:15 WIB
Margarin

Fimela.com, Jakarta Tidak sedikit dari kita yang berpikir bahwa margarin dan mentega adalah bahan makanan yang sama. Namun ternyata Sahabat Fimela, margarin dan mentega adalah bahan makanan yang jauh berbeda. Meski sama-sama digunakan untuk membuat kue, kedua bahan ini memiliki perbedaan signifikan. Jenis kue yang dicampur dengan margarin juga mentega pun tidak sama.

Penasaran apa kira-kira perbedaan margarin dan mentega?

Perbedaan Margarin dan Mentega

Margarin
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Margarin umumnya berwarna kuning terang, tidak mudah leleh di suhu ruangan dan aromanya kurang pekat. Margarin terbuat dari lemak nabati dan sering digunakan untuk membuat kue basah, cake, bumbu masakan tumis dan goreng. Margarin adalah pengemulsi yang baik dan mampu memberi tekstur kue yang lebih lembut serta empuk.

Sedangkan mentega, ini memiliki warna kuning pucat, mudah meleleh di suhu ruang dan aromanya cukup pekat. Mentega terbuat dari lemak hewani dari krim susu. Jika margarin sering digunakan untuk bahan kue basah, mentega sering digunakan untuk bahan kue kering atau cookies. Dibandingkan dengan margarin, mentega mengandung lemak jenuh lebih tinggi dan kurang bisa memberi tekstur lembut pada kue.

Kegunaan Margarin dan Mentega

Sebaiknya Tidak Menggoreng Makanan dengan Margarin
Untuk menambah rasa dan aroma, biasanya para ibu menggunakan margarin dibanding minyak goreng. Jangan panas-panas ya

Selain bahan untuk membuat kue, margarin juga dibuat sebagai bumbu masakan tumis dan goreng. Margarin bisa dijadikan pengganti garam jika ingin masakan terasa lebih gurih. Ada beberapa margarin yang memang memiliki rasa asin tetapi tidak sedikit yang rasanya tawar. Margarin dimanfaatkan untuk membuat kue basah agar kue tersebut memiliki tekstur lebih lembut dan empuk. Margarin juga bisa membuat kue mengembang secara lebih baik.

Mentega umumnya digunakan untuk membuat kue kering. Meski kue dengan bahan mentega ini mengembang, tapi tekstur kue tidak akan terlalu lembut atau empuk. Beberapa kue dengan bahan makanan mentega di dalamnya antara lain adalah kue jahe, kue nastar, cookies, kue mawar dan masih banyak lagi. Beberapa kue brownies dan cup cake juga menggunakan mentega di dalamnya.

Itulah perbedaan antara margarin dan mentega. Well, mulai sekarang jangan sampai salah lagi dalam membedakan keduanya ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓