Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Menyimpan Susu dalam Kulkas

Vinsensia Dianawanti08 Apr 2019, 16:00 WIB
susu

Fimela.com, Jakarta Masyarakat modern sangat memanfaatkan kulkas sebagai tempat penyimpanan makanan. Suhu rendah pada kulkas membuat makanan bisa bertahan lebih lama. Namun suhu di dalam kulkas sendiri tidaklah konsisten sepanjang waktu. Ia akan memutar angin ke seluruh ruang kulkas yang membuat suhunya berubah-ubah.

Suhu yang berubah-ubah di dalam kulkas membuat beberapa jenis makanan cepat rusak. Seperti susu dan krim yang membuatnya tidak lagi bisa dikonsumsi. Selain suhu, dikutip dari Real Simple pada Senin (8/4/2019) terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menyimpan susu di kulkas.

1. Jadikan susu sebagai barang yang terakhir diambil di supermarket

Setelah semua barang yang hendak dibeli telah lengkap, barulah ambil susu sebelum akhirnya dibayar di kasir. Cara ini akan membuat susu tidak terlalu banyak terpapar udara panas yang bisa meningkatkan bakteri.

2. Simpan susu pada suhu terbaik di dalam kulkas

Sebaiknya simpan susu dengan suhu serendah mungkin. Berkisar di bawah 10 derajat celsius. Semakin tinggi suhu di dalam kulkas, akan ada kemungkinan bakteri berbahaya yang mulai tumbuh dan berkembang biak.

 

Cara menyimpan susu di dalam kulkas

suus kedelai
ilustrasi susu kedelai/Photo by rawpixel.com from Pexels

3. Simpan susu di belakang di bagian paling bawah kulkas

Lokasi ini menjadi tempat yang tepat untuk menyimpan susu. Hal ini dikarenakan suhu paling dingin ada di posisi tersebut.

4. Segera mengembalikan susu pada lemari es setelah diminum

Setelah susu selesai diminum dan masih ada sisa, sebaiknya langsung dimasukkan ke dalam lemari es. Tuangkan secukupnya saja ke dalam gelas, kemudian kembalikan susu ke dalam lemari es.

5. Tutup pintu lemari es

Berdiri di depan kulkas saat pintu terbuka akan memudahkan kamu untuk mencari camilan yang bisa dimakan. Di sisi lain, ini merupakan hal buruk bagi makanan atau minuman yang ada di dalam lemari es. Segera pintu kulkas ditutup untuk menjaga suhu stabil.

Lanjutkan Membaca ↓