Mengenal Perbedaan Ikan Air Laut dan Ikan Air Tawar

Mimi Rohmitriasih08 Apr 2019, 17:44 WIB
Ikan

Fimela.com, Jakarta Ikan menjadi salah satu bahan makanan yang tak hanya lezat dan menggugah selera saja tetapi juga kaya manfaat dan nutrisi. Ikan juga merupakan bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai masakan menggugah selera mulai dari masakan goreng, tumis, gulai hingga pepes. Bicara mengenai ikan, apakah Sahabat Fimela juga termasuk penggemar ikan?

Mengenai ikan sendiri, ada dua jenis ikan yang umum kita temukan di sekitar kita. Jenis ikan itu adalah ikan air tawar dan ikan air asin (laut). Dari kedua jenis ikan ini, sudah tahu apa bedanya? Berikut perbedaan ikan laut dan ikan tawar.

Rasa

Ikan laut dan ikan tawar memiliki rasa yang sama-sama menggugah selera dengan ciri khasnya masing-masing. Ikan laut memiliki rasa yang lebih gurih dengan tekstur daging yang lebih lembut. Karena memiliki rasa yang lebih gurih, ikan laut cukup menggunakan bumbu sederhana untuk membuatnya. Sedangkan ikan laut, kita memerlukan bumbu dengan aroma kuat agar rasanya semakin menggugah selera.

Aroma dan Nutrisi

ikan
ilustrasi/copyright unsplash.com/Jeremy Stewart

Aroma

Ikan laut secara umum memiliki bau yang cenderung amis seperti air laut. Sedangkan ikan air tawar, bau amisnya cenderung seperti bau tanah atau lumpur. Agar kedua jenis ikan tidak berbau, beri air perasan jeruk lemon pada daging ikan yang telah dibersihkan dan dicuci.

Duri

Ikan laut memiliki duri yang kuat dan kencang. Beberapa ikan air laut juga memiliki duri yang banyak sehingga harus sangat hati-hati saat mengonsumsinya. Ikan air tawar secara umum memiliki duri yang lebih sedikit namun juga ada beberapa yang sangat tajam. Ikan air laut yang terbiasa hidup di laut dengan arus kuat mempengaruhi duri ikan menjadi lebih kuat atau kencang. Sedangkan ikan air tawar yang hidup di lingkungan air tenang cenderung memiliki duri yang lebih kecil atau halus.

Kandungan Nutrisi

Ikan merupakan bahan makanan yang kaya akan kandungan omega 3. Baik ikan air laut maupun ikan air tawar, keduanya sama-sama mengandung omega 3 yang tinggi. Namun, kandungan omega 3 pada ikan air laut lebih tinggi. Ikan air laut juga mengandung nutrisi bernama iodin yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan ikan air tawar.

Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan sampai salah menbedakan antara ikan air laut dan ikan air tawar ya?

Lanjutkan Membaca ↓