Cara Memasak Bihun Agar Tidak Mudah Hancur

Mimi Rohmitriasih09 Apr 2019, 09:15 WIB
Bihun

Fimela.com, Jakarta Mie bihun merupakan salah bahan masakan yang digemari oleh banyak orang. Apakah Sahabat Fimela juga merupakan penggemar bihun? Bihun bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat nan menggugah selera. Salah satu masakan populer berbahan dasar bihun adalah sambal goreng bihun.

Memasak bihun bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampangnya karena dengan bumbu sederhana dan dimasak dalam waktu sebentar bihun akan memiliki rasa lezat dan cepat matang. Susahnya, ketika cara memasak kita salah, bihun akan rentan hancur. Lantas, bagaimana cara memasak bihun agar tidak mudah hancur? Simak caranya di bawah ini.

Memilih Bihun

Bihun
Ilustrasi/copyright shutterstock

Memilih Bihun

Pastikan untuk memilih bihun yang berkualitas, kenyal dan tidak mudah hancur. Bihun yang berkualitas akan menghasilkan masakan yang berkualitas pula. Selain memilih bihun yang berkualitas, kita juga penting memilih bumbu yang masih segar atau berkualitas.

Siram Bihun dengan Air Panas

Sebelum dimasak, bihun yang masih kering sebaiknya disiram dengan air panas. Menyiram bihun dengan air panas akan membuat bihun melunak atau jadi empuk. Sebelum memasak bihun, hindari merebus atau merendam bihun dengan air panas karena ini akan membuat bihun cepat empuk dan hancur. Bihun cukup disiram dengan air panas.

Masak dengan Api Kecil

Hahala Shaokao & Malatang
Bihun Tomyam. Foto: Dok. Halala Shaokao & Malatang

Rendam Air Dingin

Jika menyiram bihun dengan air panas khawatir membuatnya hancur, Sahabat Fimela bisa merendam bihun dengan air dingin untuk membuatnya empuk. Rendam kira-kira selama 15 menit sampai 30 menit agar bihun lebih kenyal dan lembut. Setelah bihun direndam, segera tiriskan bihun.

Beri Campuran Minyak

Setelah bihun empuk karena disiram air panas atau direndam lalu ditiriskan, campurkan sedikit minyak ke bihun. Aduk rata bihun dengan minyak. Ini dilakukan agar bihun tidak menggumpal satu sama lainnya.

Masak dengan Api Kecil

Usahakan untuk memasak bihun dengan api kecil. Tumis bumbu hingga harum, tambahkan sayuran seperti sawi, kubis atau wortel dan juga telur ke dalam bumbu, aduk rata kemudian masukkan bihun. Aduk bihun dengan bumbu, sayur dan telur, masak sebentar saja. Tidak perlu menambahkan air ke dalam masakan bihun karena ini akan membuat bihun rentan hancur.

Itulah cara memasak bihun agar tidak mudah hancur. Semoga tips dapur ini bermanfaat dan selamat mencoba, Yuk, buat masakan lezat dan menggugah selera untuk keluarga di rumah.

Lanjutkan Membaca ↓