Unexpected Subject, Gelaran Seni yang Disponsori Oleh Dior

Nabila Mecadinisa09 Apr 2019, 19:00 WIB
Unexpected Subject, Gelaran Seni yang Disponsori Oleh Dior

Fimela.com, Jakarta FM Center for Contemporary Art mempersembahkan The Unexpected Subject, 1978 Art and Feminism di Italia. Sebuah pameran seni yang dikurasi oleh Marco Scotini dan Raffaella sebuah pameran baru yang dikuratori oleh Marco Scotini dan Raffaella Perna, tema yang dihadirkan merupakan rekonstruksi yang tepat dari hubungan antara seni visual dan gerakan feminis di Italia, mengidentifikasi pada tahun 1978 tahun katalis semua energi yang dimainkan (tidak hanya di Italia). Pameran ini terwujud berkat kolaborasi MART Museum Seni Kontemporer Trento dan Rovereto dan Frittelli Arte Contemporanea, dan dibuka selama Pekan Seni Milan, dalam hubungannya dengan miart, Pameran Seni Modern dan Kontemporer Internasional Milan. Mitra media: Flash Art. Pameran ini disponsori oleh Dior.

Pada tahun 1978, dengan pameran Materialisasi Bahasa yang dikuratori oleh Mirella Bentivoglio, hampir delapan puluh seniman wanita - termasuk Tomaso Binga, Irma Blank, Maria Lai, Lucia Marcucci, Giulia Niccolai, Anna Oberto, Mira Schendel, Patrizia Vicinelli - membuat pintu masuk ke Venesia Biennale untuk pertama kalinya, dengan keras mengklaim ruang dan jarak pandang di tempat yang secara tradisional sangat sulit ditaklukkan oleh wanita.Dalam edisi yang sama dari Biennale, sebuah pameran seni antologi didedikasikan untuk Ketty La Rocca, salah satu tokoh terkemuka neo-avant-garde Italia, yang meninggal pada tahun 1978 berusia 38 tahun, yang sekarang menjadi bagian dari koleksi penting seperti MoMA dan Centre Pompidou . Di Magazzini del Sale, Biennale juga memberi ruang bagi Kelompok Feminis "Immagine" Varese dan Kelompok "Perempuan / Gambar / Kreativitas" Naples.

Gearan seni yang didukung oleh Dior

Unexpected Subject, Gelaran Seni yang Disponsori Oleh Dior
Dior mendukung gelaran seni yang sarat akan kesan feminisme.

Bagian penting dari The Unexpected Subject, yang dibuat bekerja sama dengan MART Museum of Trento dan Rovereto, karenanya akan didedikasikan untuk sosok Mirella Bentivoglio dan Donasinya untuk Puisi Visual untuk MART, termasuk banyak seniman yang hadir di Biennale 1978.

Tahun ini juga menandai ditutupnya beberapa pengalaman penting yang berkaitan dengan seni dan gerakan perempuan. Pada tahun 1978 kelompok Cooperativa Beato Angelico di Roma, ruang artistik pertama yang sepenuhnya dijalankan oleh wanita. Grup ini didukung oleh artis penting, Carla Accardi. Tetapi 1978 juga merupakan tahun seminar feminis internasional. Banyak seniman wanita internasional bekerja di Italia pada tahun-tahun yang sama seperti Marina Abramović, Sanja Iveković, Gina Pane, Rebecca Horn, dll.Masih pada tahun 1978, Romana Loda, kurator dan juru galeri dari Brescia, menyelenggarakan The Left Face of Art, yang terakhir dari beberapa pameran tengara yang diselenggarakan sepanjang dekade, termasuk Coazione a Mostrare dan Magma, di mana seniman wanita Italia disajikan bersama dengan yang paling signifikan seniman dari kancah Eropa: Marina Abramović, Hanne Darboven, Gina Pane, VALIE EXPORT, Rebecca Horn, Natalia LL dan banyak lainnya.

 

Gelaran eksibisi Dior

Unexpected Subject, Gelaran Seni yang Disponsori Oleh Dior
Dior mendukung gelaran seni yang sarat akan kesan feminisme.

Pada tahun 1978 Seni dan Feminisme di Italia akan menghadirkan untuk pertama kalinya salah satu adegan paling menarik dari penelitian eksperimental pada 1970-an kepada publik internasional, menyoroti sentralitas perempuan dalam kancah seni Italia pada periode itu, dan pertukaran mereka dengan panorama artistik Eropa dan sekitarnya. Pameran ini mengkritik pandangan arus utama sejarah-kritis yang menempatkan seniman perempuan ke posisi marjinal. Seleksi ini akan mengistimewakan karya seni yang menghilangkan stereotip gender dan merefleksikan peran perempuan dalam masyarakat dan dalam budaya kapitalis akhir. Karya-karya tersebut akan dipinjamkan oleh koleksi pribadi dan lembaga, para seniman dan arsip mereka serta lembaga dan museum publik Italia yang penting, seperti MART Museum of Trento and Rovereto, MADRE Museum of Napoli, CAMeC of La Spezia.

Pameran ini juga akan menghadirkan berbagai pilihan bahan cetak yang terkait dengan gerakan feminis - poster, fanzine, LP, bersama dengan foto dan buku foto, mendokumentasikan perjuangan untuk perceraian, aborsi dan hukum melawan kekerasan yang diambil oleh fotografer penting seperti Paola Agosti dan Agnese De Donato.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓