Ciri-ciri Ikan Masih Segar yang Perlu Diketahui Sahabat Fimela

Mimi Rohmitriasih10 Apr 2019, 09:35 WIB
Ikan

Fimela.com, Jakarta Ikan yang masih segar selalu cocok untuk dimasak berbagai macam olahan. Mau digoreng kering, disayur asem, disayur gulai atau dipepes, baik ikan laut maupun ikan tawar akan memiliki rasa yang menggugah selera. Ikan yang masih segar juga tidak akan gatal apalagi beracun.

Jika ingin membuat masakan berbahan dasar ikan yang enak, pastikan untuk memilih dan membeli ikan yang masih segar ya. Berikut ada beberapa ciri-ciri ikan yang masih segar dan layak dikonsumsi.

Kondisi Mata dan Warna Ikan

Ikan Segar
Ilustrasi/copyright unsplash.com/Jeremy Stewart

Matanya Bening

Ikan yang masih segar atau baru ditangkap memiliki mata yang cerah, bening dan segar. Jika ikan sudah lama ditangkap, ini akan membuat mata ikan terlihat buram, sembab dan tidak segar. Jika ingin membeli ikan, ingat, hal pertama yang penting diperhatikan adalah matanya Sahabat Fimela.

Insang Ikan

Ikan yang masih segar juga memiliki insang yang segar pula. Umumnya, insang ini akan berwarna merah cerag dan tertutup lendir bening. Jika insang sudah berwarna keruh atau cokelat, bisa jadi ikan itu sudah lama ditangkap bahkan sudah busuk.

Warna Ikan

Ikan yang masih segar akan berwarna segar pula. Ikan ini juga akan memiliki permukaan tubuh yang mengkilap, teksturnya kenyal dan kencang. Jika warna ikan keruh dan teksturnya empuk serta lembek ini menandakan ikan sudah busuk atau kurang layak dikonsumsi.

Bau dan Sisik Ikan

Ikan
Ilustrasi/copyright pixabay.com

Bau Ikan

Ikan yang masih segar akan memiliki bau yang segar seperti bau laut atau bau lumpur. Namun jika bau ikan tidak sedap, busuk atau asam, ini menandakan ikan sudah tak segar lagi.

Sisik

Umumnya, ikan yang masih segar akan memiliki sisik yang menempel kuat dengan daging atau tubuhnya. Jika sisiknya mudah lepas, daging ikan lembek dan bagian perutnya keluar, ini menandakan ikan sudah tidak layak konsumsi.

Itulah beberapa ciri-ciri ikan masih segar dan layak konsumsi. Untuk membuat masakan ikan yang lezat dan sehat, pastikan untuk memilih ikan yang masih segar ya. Semoga tips dapur ini bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓