Cara Mudah Membersihkan Sisa Nasi Kering pada Panci Rice Cooker

Mimi Rohmitriasih10 Apr 2019, 17:18 WIB
Masak Nasi

Fimela.com, Jakarta Pernah mendapati nasi pada panci rice cooker kering dan sulit dibersihkan Sahabat Fimela? Umumnya, kondisi ini terjadi ketika membiarkan rice cooker tetap panas selama beberapa waktu. Ketika nasi yang dimasak di rice cooker tidak segera diangkat setelah matang, ini sangat memungkinkan nasi menjadi kering dan menempel erat pada panci.

Untuk membersihkan sisa nasi di panci rice cooker tentunya kita membutuhkan waktu cukup lama. Terlebih lagi ketika sisa nasi itu kering, lengket dan menempel erat pada panci rice cooker. Kita perlu merendam panci dalam waktu lama agar nasi jadi empuk dan mudah dicuci. Namun, kira-kira ada nggak sih cara yang lebih mudah agar sisa nasi yang kering ini lebih cepat dibersihkan?

Membersihkan Nasi Kering di Panci Rice Cooker

Rice Cooker
Rice cooker

Sebenarnya ada cara mudah membersihkan sisa nasi kering di panci rice cooker. Tak hanya mudah, cara ini juga sangat cepat. Dengan cara ini, kita tak perlu merendam panci dalam waktu yang sangat lama. Kita juga tak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk menggosok panci dengan sabun.

Cara membersihkan sisa nasi tersebut adalah menambahkan air hingga batas nasi di panci. Setelah panci terisi air, panaskan panci tersebut. Rebus air di panci hingga mendidih atau cukup panas. Saat panci terkena air dan dipanasi, ini akan membuat nasi lepas dari panci. Ini juga akan membuat nasi jadi lembek sehingga mudah dibersihkan.

Ketika mendapati nasi telah lembek dan lepas dari panci, buang air pada panci. Selanjutnya, cuci panci seperti biasa. Panci rice cooker akan bersih seperti sedia kala dan bisa digunakan untuk memasak nasi kembali. Tips dapur yang sangat mudah bukan? Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Lanjutkan Membaca ↓